Cerita Indonesia

March 8, 2008

Kerusuhan Mei 1998

Filed under: KERUSUHAN — Iman Brotoseno @ 12:24 pm
Tags: , ,

kerusuhan mei 1998
rusuh mei 1998

Kerusuhan di Jakarta bulan Mei 1998 merupakan kisah tragis perjalanan bangsa ini. Harga yang sangat mahal. Gambar kiri atas. Sebuah lukisan Liem Sioe Liong yang dijarah dan dibakar massa. Kanan atas – Masyarakat membersihkan sisa sisa puing kendaraan di Jalan Otto Iskandar Dinata. Kiri bawah. Evakuasi mayat dari sebuah pusat perbelanjaan yang terbakar di Klender. Kanan bawah – Seorang penjarah mengumpulkan barang barang hasil jarahannya.

Foto : Indonesia in Soeharto’s Years

About these ads

148 Comments »

  1. ingeeet, masih inget bgt saat2 itu. suara tembakan dimana2, rusuh, panser dimana, gas air mata … yg saya tau bgt gimana perihnya.
    saat itu sata gak dibolehin pergi sekolah, krn daerah dr rumah dan sekolah bener2 rawan kerusuhan

    Comment by icHaaWe — March 8, 2008 @ 4:01 pm | Reply

  2. Yang ini jelas teringat di kepala saya bagian belakang… merinding ketika harus head to head sekira 20 meter dengan kopassus yang diterjunkan oleh pihak tentara dari jakarta langsung ke jogja dengan peluru aslinya. Masih teringat, hari itu 12 atau 13 Mei seminggu setelah peristiwa penembakan Mozes Gatotkaca di daerah Gejayan, sepanjang jalan Kaliurang sebelum ringroad utara dipenuhi tentara yang masuk merangsek kampus UGM menangkapi para demonstran, mengusir keluar para dosen dan mahasiswa yang sedang aktif kuliah. Malamnya menjelang maghrib, lampu sengaja dipadamkan oleh penduduk. Seolah-olah Jam malam diberlakukan di Jalan Kaliurang.

    Tegang!

    Molotov siswa tak mempan mengusir tentara.. mahasiswa juga sudah kehilangan akal sehatnya.. hampir seluruh fasilitas umum dirusak di depan mata saya.. lampu lalu lintas didongkrak rame-rame, dirobohkan.. ah, suasana yang panas penuh amarah.. tak terkendali…

    Comment by gempur — March 9, 2008 @ 10:09 am | Reply

  3. mengerikan,
    maap tak bisa terlalu menikmati photo2 diatas berlama-lama
    saya malu dan sedih.
    bulu roma saya benar2 merinding dan seperti ada air mata yang mau keluar
    semoga tak kan pernah terulang :(

    Comment by bedh — March 9, 2008 @ 4:10 pm | Reply

  4. maaf numpang iklan:

    bangsa ini sudah mulai sangat keterlaluan dan kelewatan. Negara semakmur ini masih menyimpan kelaparan berujung kematian.

    Stop Kelaparan dan Gizi Buruk!

    Comment by gempur — March 11, 2008 @ 12:33 pm | Reply

  5. Mengerikan ya.. kalo inget perjalanan bangsa kita, khususnya kerusuhan 1998. Memang baik untuk renungan, namun mari menyingsingkan lengan untuk berbuat sesuatu bagi bangsa ini.

    Comment by osi — March 12, 2008 @ 10:36 am | Reply

  6. :( *speechless*

    Comment by extremusmilitis — March 13, 2008 @ 9:54 am | Reply

  7. Bangsa yang selama ini dikenal akan keramah tamahannya juga bangsa yang bersahaja, sepertinya sangat sulit untuk diterima oleh akal sehat melakukan dan mengalami kejadian seperti ini. Semoga Tuhan melimpahkan Rahmat dan HidayahNya bagi para pelaku, sehingga mereka bisa sadar akan kesalahan yang mereka perbuat. Cukup sampai disini. Jangan ada lagi darah dan air mata yang mengalir di indonesia.

    Comment by kirra — April 8, 2008 @ 6:53 am | Reply

  8. mas, fotonya saya copy ya untuk memory mei 1998. saya sebutkan sumber dari blog ini.

    Comment by T.L. — May 12, 2008 @ 10:39 pm | Reply

  9. gua sebel ama semuanya, pake kekerasan buat menikmati tubuh perempuan cina yang dihujat dan dianiaya oleh bangsa pribumi dan jadi korban kekerasan pria pribumi.Apa mereka itu ga punya otak dan perasaan menyiksa dan menghancurkan hidup wanita cina sampe ke akar-akarnya. Taunya untuk menikmati tubuh wanita cina sasaran mereka itu. Ga tau malu. goblok. binatang lebih dari binatang. Udah menghancurkan hidupnya malah ikut menikmati tubuhnya. Otaknya udah binatang.Sebel ga.

    Comment by Liliawati — July 22, 2008 @ 12:27 pm | Reply

    • wah wah simbak ampe segitunya komen :D
      kyknya simbak terlalu muda untuk merasakan pahit getirnya hidup :D

      Comment by Yogie Fernanda — November 6, 2012 @ 3:01 am | Reply

  10. Saya tahu beberapa pelaku kerusuhan may 1998 di Palembang,mereka menjarah harta dan bakar rumah warna keturunan,di rumah mereka penuh barang jarahan,mereka seperti orang alim,beribadah.apa terjadi,sampai sekarang,mereka lebih melarat walau suda menjarah,mungkin allah sudah murka,masih muda umur 20 an sudah mati karena sakit,ada sampai sekarang masih strerok,semoga mereka bertobat sungguh sungguh,dan mohon ampunn kepada yang maha kuasa,agar kelak mati,mendapatkan tempat dari allah.kepadasemua pelaku penjarah kerusuhan May 1998,banyak yang tahu anda pelaku penjarah,kanena banyak yang melihat aksi anda,tapi apakah anda cuek atau anda merasa warna tidak kenal anda.anda seperti orang alim,bermasyarakat,beribadah,tapi dibalik itu,anda pembohong,tidak berprikemanusiaan berdasar UUD45.semoga mereka yang belum sadar dan minta ampunn kepadaNya.agar Allah memberikan tempatsesuai perbuatannya,baik masih hidup dan mati kelak. Aminnnnnnn

    Comment by Hendra Suprapto — October 3, 2008 @ 8:02 am | Reply

    • Manpus situ pribumi yang bersangkutan,stroke semua anak cucunya.Sampai gak ada ketrunanya

      Comment by Nicolaz — January 25, 2012 @ 9:34 pm | Reply

      • Pribumi/muslim cuma mengandalkan otot dari pada otak.
        Da kenyataan bahwa pribumi di takdirkan untuk kismin slamanya…
        Napa gw bisa bilang gitu
        Kenyataan
        Bahwa pribumi
        Kismin jha
        Da blagu
        Apaa lagi ntar dia kaya
        Punya motor botot jha kayak beli yg 1M an
        Di senggol dikit jha da rusak (ง’̀⌣’́)ง
        Lagu nya pribumi
        Motor cungkring gitu G̶̲̥̅̊αk punya bodi
        Bisa” nya ngeber”
        ( ˆヮˆ)hαªhαªhαª 哈哈哈
        Sorry sob alur nya beda”
        Tp 1 sama” benci pribumi

        Comment by Mr.zat — April 5, 2013 @ 9:03 pm

  11. Analisis ku sih itu adalah perebutan kepentingan & pengaruh antara borjuasi cina vs borjuasi pribumi,kita yg kere ini ga perlu ikut2an karena itu konflik kaum borjuis, ttp HAM memang tetap harus diperjuangkan sih…

    Comment by Mocca — November 16, 2008 @ 11:52 am | Reply

  12. knp saat negri ini bergejolak selalu etnis tiong hoa yang mjd sasaran? jgn sepenuhnya menyalahkan kaum pribumi pada umumnya. g semuanya kok.salahkan para dalang2 intelektual yang berada di balik kerusuhan itu.asal tau aj kita sekarng ini sebetulnya telah di jajah oleh cina…

    sejak jaman kolonial belanda para etnis tiong hoa dinaikkan kastanya lebih tinggi daipada pribumi utk ap???? agar orang pribumi dan org cina tidak membaur agar tidak ada pernikahan antara minoritas dan mayoritas. karena apabila kedua etnis ini membaur mjd satu maka celakalah belanda dan mungkin indonesia akan mjd bangsa yang di takuti di dunia. karena secara geografis negara kita diuntungkan, secara SDA negara kita sangat kaya dan di kelola oleh orang-orang cina yang boleh dikatakan “pintar”. tak bisa dibayangkan bukan??????maka daripada itu kaum tiong hoa mjd kaum yang “tinggi” namun selalu mjd tumbal politik.

    kerusuhan mei 1998 cukuplah dijadikan bahan renungan untuk kita dan generasi baru mendatang tanpa mengungkit-ungkit kesalahan para penjarah, penjahat pemerkosa etnis minoritas, perusakan, sungguh sebetulnya mereka juga adalah korban, korban akan keserakahan dan kearogan kaum tertentu(kaum yang seharusnya bertanggung jawab akan semua ini).

    Comment by vandals — November 20, 2008 @ 3:41 pm | Reply

    • Sangat setuju Bro!!!

      Comment by Johny Alex Panjaitan — June 15, 2012 @ 7:47 pm | Reply

  13. sunnguh mengerikan………

    Comment by afed — November 20, 2008 @ 5:27 pm | Reply

  14. Provokatornya harus dhukum berat. Mati yg pas. Bkin sakit hati kjdian tu.

    Comment by Jr. — December 16, 2008 @ 5:01 pm | Reply

    • Oe toel
      Yaialah
      Jadiin kengan jha
      Yg jadi terSangka [к̲̅α̲̅п̲̅] orang situ
      N korban nya orang kami..
      Coba klo orang kalian yg di gituin
      Opz
      G̶̲̥̅̊αk mungkin
      Orang kalian kan
      Mw rampok paa nya..
      Soal memeq
      Enakkan jga memeq thionghua
      ( ˆヮˆ)hαªhαªhαª 哈哈哈
      Hanya jadi kenangan kata lo
      Coba klo
      Kalian yg jadi korban
      Mungkin sampai saat ini
      Perang G̶̲̥̅̊αk bakal selsai
      (ง’̀⌣’́)ง
      1 lagi
      Kalian orang pribumi
      Branie nya cuma di kandang sendiri
      Kisa nyata
      Gw dan 6 orang tmn gw
      Jalan” mw ke warnet
      Krna jauh tmpt nya
      Kta putus [к̲̅α̲̅п̲̅] untuk lewat jalan blakang rumah nenek” gw
      Pas sampai di
      Pemukiman huana
      Tiba” orang” pribumi/huana
      Triak
      Paa lo liat”
      Cina cibai
      Paaa la yg di lontar [к̲̅α̲̅п̲̅] nya
      Sedang [к̲̅α̲̅п̲̅] wkt itu
      Kita yg berjalan G̶̲̥̅̊αk menghiraukan nya
      Bahkan
      Sebelom di bilang
      “Paa lo liat”
      Mata kami G̶̲̥̅̊αk pernah liat mereka
      Nah
      2 hari setelan kejadian itu.
      Tepat nya
      Sabtu
      Krna
      Kita pulang nya cepet
      Kita pon
      Putus [к̲̅α̲̅п̲̅] untuk ngaso di rumah tmn gw
      Dan yg mengejut [к̲̅α̲̅п̲̅]
      Orang/huana/pribumi yg bentak kami itu lewat di dpn rumah tmn gw
      Kita pon triak
      Oe islam kontol”
      Ppeq
      Apalah trus kita kejar mereka
      E mala lari mereka
      Bacol
      Saat itu
      Pribumi
      Jumlah nya lebih banyak
      10 orang dari pada kami yg cuma ber 6.
      Da pada sikon wkt itu
      Padahal cuma ber 4
      Gw dan ke 3 kawan gw
      Dan yg 2 nya lagi lagi keluar beli gorengan…
      Dengan hati yg sangat puas
      Kita pon ngomong sama tmn”
      Gw yg baru pulang beli gorengan…
      Gila takut benr tu
      Pribumi
      Padahal cuma ber 4
      ◦•◦•ωĸâωĸαĸâωĸα•◦•
      Sampe ada yg jatuh sgala :P
      Gw paling benci sama orang pribumi
      Z̶̲̥̅̊z̶̲̥̅̊Z̶̲̥̅̊z̶̲̥̅̊z̶̲̥̅̊z̶̲̥̅̊

      Comment by Mr.zat — April 5, 2013 @ 9:24 pm | Reply

  15. SEBELUM KERUSUHAN,BANYAK YG SAYA LIHAT DIPINTU2 GARASI BERTULISKAN “PRIBUMUMI”,,INI MAKSUDNYA APA? BRARTI DAH DIRENCANAKAN DONG, HEBAT YAH ORANG INDONESIA,,BISA MELIHAT KEDEPAN TTG APA YG TERJADI,,CUMA..HAHAHA GA MAJU MAJU,BISANYA NINDAS MINORITY,,DAN DIJADIKAN PROJECT…FUCK BWT LO YG PAKE DUIT RAKYAT UTK CHAOS PROJECT,,TRUZ FUNGSI DPR,MPR APA? INI GARA 2 MEREKA YG GA MO DENGER JERITAN TANGIS RAKYATNYA…MGKIN SAAT ITU MEREKA SEDANG DIATAS PUSAR PEREMPUAN MALAM KALI YA…PAKE DUIT SIAPA TUH..GA MUNGKIN PAKE DUIT DAPUR BINI MEREKA BANGSAT YE…TENTU PAKE DUIT RAKYAT LAH..PROJECT SANA SINI..UDAH KATAUAN KAN, SEGENAP RAKYAT INDONESIA JANGAN MAU DIBODOHI SAMA TIKUS TIKUS GEDUNG RAKYAT,MEREKA PAKE MILITER LOH, EH SKARANG POL PP YG BERTINGKAH….

    Comment by antijihad — December 24, 2008 @ 4:52 am | Reply

  16. yah jaaaht amat

    Comment by juju — January 5, 2009 @ 3:02 am | Reply

  17. itu mah perbuatan orang gelo aja
    pikirannya udah ga ada
    yang diutamakan kemauan untuk kawin dimana mana dan menjarah
    pikirannya sudah gila
    harus dimasukkan ke rumah sakit jiwa

    Comment by linda — January 10, 2009 @ 1:14 am | Reply

  18. saya setuju dgn linda…kalo bisa suntik mati aja

    Comment by ANAK INDONESIA — January 22, 2009 @ 6:03 am | Reply

    • Berarti orang pribumi pukimak semua

      Comment by Nicolaz — January 25, 2012 @ 9:30 pm | Reply

      • Bukan pukimak
        Tp
        ☑ binatang
        ◦•◦•ωĸâωĸαĸâωĸα•◦•
        Cara gampang untuk kaya
        Ala pribumi/shuahuan/muslim T43K
        1-maling
        2-rampok
        Wolles. Jha all
        Tu 2 cara tu
        Uda di
        Izin sama allah nya kog
        Jadi halal kog
        G̶̲̥̅̊αk kayak
        Makan babi sama anjenk
        Baru kenak liur anjenk jha
        Gaya nya da se langit
        Apaa tu..
        Lo knak liur anjenk
        Musti
        Cuci tangan pk pasir 7 x (ง’̀⌣’́)ง
        Pak uztad
        Tp
        Klean G̶̲̥̅̊αk tw [к̲̅α̲̅п̲̅]
        Pas pk pasir nya liar dolo
        Ada lebel halal nya G̶̲̥̅̊αk
        ◦•◦•ωĸâωĸαĸâωĸα•◦•
        Hati” ada kotoran/ pipis/sperma anjenk ada di tanah/pasir smua lo
        G̶̲̥̅̊αk jijik yha
        ◦•◦•ωĸâωĸαĸâωĸα•◦•
        Oya bdw orang thiong hua yg msuk islam tu
        Krna da cinta kali
        Sama memeq orang pribumi
        Paa enak nya
        Mmeq orang islam
        Kenyataan
        Orang islam jha
        Sering
        Merkosa memeq
        Orang kita
        So
        Orang thiong hua yg jilat memeq orang pribumi
        Berarti mata nya da rusak tu
        Atw di pelet sama orang pribumi..
        Oya orang pribumi
        Jago melet lo
        Paa lagi dukun nya
        Ada kandang
        Tuyul
        Di jual per KG
        (>ˆ▽ˆ)> ωkωk <(ˆ▽ˆ<)

        Comment by Mr.zat — April 5, 2013 @ 9:11 pm

  19. politik yg membawa kematian dan merusak imej bangsa. provokatornya punya otak, tapi gak di pake, cuma bisanya mementingkan sebuah komuniti saja, tdk berpikir untuk bangsa.

    Comment by anonymous — February 2, 2009 @ 11:27 am | Reply

  20. pokoknya diskriminasi ke bangsa tionghua dah keterlaluan!!
    mang COWO bangsa pribumi mao klo tubuh wanita PRIBUMI dinikmati oleh bangsa tiong hua seperti apa yg dilakuin pas 1998???
    mikir dong apke otak???
    blm blajar????
    sini pala lo siramin pake air raksa!!!

    gk pnya otak loe !!
    sampah dah ni negara gara2 gk perna skolah (orang yg merasa) >> pelaku!!!!!

    mati aja lo!!!!
    (disiksa di neraka 18)

    gk bisa di maafin!!

    Comment by steven L — February 3, 2009 @ 2:52 pm | Reply

    • Q doakan anak cucunya jadi korban perkosaan oleh pribumi itu sendiri.Rasain za .Q sumpahi tiap hari

      Comment by Nicolaz — January 25, 2012 @ 9:40 pm | Reply

    • mang COWO bangsa pribumi mao klo tubuh wanita PRIBUMI dinikmati oleh bangsa tiong hua seperti apa yg dilakuin pas 1998??
      Ɣªª
      Betul jga
      Tp najis aa jilat memeq muslim
      Tiap
      Jembot nya
      Ber laffal [к̲̅α̲̅п̲̅] allah
      Z̶̲̥̅̊z̶̲̥̅̊Z̶̲̥̅̊z̶̲̥̅̊z̶̲̥̅̊z̶̲̥̅̊

      Comment by Mr.zat — April 5, 2013 @ 9:30 pm | Reply

  21. sorry aja ye—

    cma buat orang yg merasa!!!
    bkn sepenuhnya pribumi!!!
    tapi klo lo ngerasa…

    makan toh!!

    Comment by steven L — February 3, 2009 @ 2:54 pm | Reply

  22. jadikan masa lalau itu berlalau jangan terbrlenggu dalam masa lalu. jadikan masa lalau itu sejarah yang pahit bagi bangsa ini. mari kawan2 sebangsa dan setanah air kita harus bersatu membangun indonesia yang utuh dan di pndang sebagai bangsa yang cultural dari berbagai macam etnis. “jangan kau lupakan sejarah bangsa ini bangsa yang maju adalah bangsa yang tak pernah melupakan sejarah bangsa itu sendiri” trims

    Comment by ----- — February 8, 2009 @ 4:58 am | Reply

    • SETUJU BRO!!!!

      Comment by Johny Alex Panjaitan — June 15, 2012 @ 7:52 pm | Reply

  23. [...] Kerusuhan Mei 1998 [...]

    Pingback by cerita INDONESIA dalam GAMBAR | new!! ::dharma-putra.com:: — February 18, 2009 @ 5:42 am | Reply

  24. wakut itu mungkin saya masih kecil, jadi blum tau ttg apa2. Tp setelah saya kerja di warnet dan memperoleh banyak informasi, terutama ttg kerusuhan May 1998 yg sangat mengerikan. Saya tidak habis pikir mereka begitu mudahnya terpengaruh oleh hal2 yg buruk, tp tmpaknya susah untuk terpengaruh hal2 yg baik. Kita semua dianugrahi otak,tp kenapa gak mau mempergunakanya. Sampai sekarang saya merasa sedikit was2 juga. Tapi saya selalu berdoa gak akan terulang lagi kejadian yang udah lama. Amin.
    Yakinlah bahwa seseorng yg berbuat buruk pasti akan mendapatkan karmanya, begitu pun sebaliknya. Karma bertindak tepat pada waktunya..
    Semoga semua makhluk berbahagia…

    Comment by Metta — February 19, 2009 @ 4:14 am | Reply

  25. Alah… kerusuhan ini.cape di diungkit-ungkit lagi.Intinya Target dari kerusuhan mah orang -orang keturunan cina.
    Saran gw c kayak gini:
    Daripada saling bertengkar mulut Mending kita sendiri orang cina yg mengalah karena kita kan minoritas, yaitu ngumpulin duit banyak2 n migrasi aja deh dari indonesia ke negara yg lebih aman seperti singapore,Hongkong ataupun china. Jadi kan ga usah minta-minta belas kasih ataupun perbelaan dari pemerintah indonesia.Semua jg sia-sia. Diskriminasi itu selalu ada terhadap kaum keturunan cina.

    Comment by Albert Hu — March 1, 2009 @ 1:29 pm | Reply

    • Setuju banget…
      Diskriminasi sampai sekarang masih terus ada dan pastinya tidak akan berakhir.

      Comment by Angel — August 7, 2012 @ 7:49 am | Reply

    • Tetapi itu bukanlah jalan yang bijak. anda masih muda dan belum tahu pahit getirnya bangsa ini menggapai kebebasan dari penjajahan. jauh sebelum anda lahir, moyang2 anda bangsa pendatang yang tidak tulus mencintai bangsa indonesia. memihak penjajah krn memiliki kepentingan untuk mendapat perijinan dr dagang dr belanda, demikian juga menang jepang ikut jepang. namun masih ada sedikit orang tionghoa yg ikut berpartisipasi dlm perjuangan. tetapi itu hanya sebiji sawi saja jumlahnya. selebihnya maaf hanya mengambil keuntungan dr negeri yang sangat kaya ini. buktinya para koruptor kakap perbankan yang sudah lari ke singapura, australia dan ke belahan bumi manapun didominasi orang ras china!!!!!!!!, mencuri harta bangsa indonesia dan menindas kaum buruh yang didominasi kaum pribumi. moyang anda banyak yang berbisnis kotor : menjual wanita pribumi belia/dewasa, pembuat sabu-sabu dan obat-obatan psyko tropika yang merusak generasi pribumi………………………………..

      Comment by Zenods@yahoo.com — October 10, 2012 @ 2:14 pm | Reply

      • Ciuss aa
        Maca sie
        Anelan
        Wow
        Fantastic baby
        I want to dance”
        Dance”
        ◦•◦•ωĸâωĸαĸâωĸα•◦•
        Orang pribumi G̶̲̥̅̊αk mw di salah [к̲̅α̲̅п̲̅] gitu la
        (ง’̀⌣’́)ง
        .Orang thiong hua di lahir [к̲̅α̲̅п̲̅] untuk jadi orang sucses/ kya
        G̶̲̥̅̊αk mungkin korupsie
        Yg korupsie [к̲̅α̲̅п̲̅] orang kalian
        Yg lo da di tanggap
        Sembunyi nya
        Di mesjid
        Pura”
        Ɑϑǟ
        Oya bandar sabu jga
        Kebanyakkan orang kalian
        (˛“) ĐøøהǤ
        Amit dah
        Kismin
        Ku rasa
        Kaca jha
        Kalian make maling
        Z̶̲̥̅̊z̶̲̥̅̊Z̶̲̥̅̊z̶̲̥̅̊z̶̲̥̅̊z̶̲̥̅̊

        Comment by Mr.zat — April 5, 2013 @ 10:02 pm

  26. bener2 sampah tuh tukang jarah, bunuh, bakar, rampok, maling barang2 dari etnis tionghoa. klo mereka miskin ya kerja donk USAHA! JGn cuma bisa ngerampas hak dan milik orang lain. KLO BISA DITANGKAP n DICINCANG JADI 200 BAGIAN AJA TUH PROVOKATORNYA. Klo gw aparat hukum dah gw Dorrrr di tempat itu provokatornya !

    Comment by crusify — March 11, 2009 @ 3:35 pm | Reply

  27. Yah udah tjd mau gmn lg?lagian dampaknya uda dirasakan ama semuanya,ga pandang bulu,baik itu pribumi,maupun keturunan cina,maaf saya campuran cina n dayak dr kalbar, Tuhan tlh mngatur segalanya,bersikaplah n berbuatlah yg baik n semestinya,biarlah semua JUBATA yg menghendaki

    Comment by Libertus kayong — March 14, 2009 @ 7:19 pm | Reply

  28. Alah… kerusuhan ini.cape di diungkit-ungkit lagi.Intinya Target dari kerusuhan mah orang -orang keturunan cina.
    Saran gw c kayak gini:
    Daripada saling bertengkar mulut Mending kita sendiri orang cina yg mengalah karena kita kan minoritas, yaitu ngumpulin duit banyak2 n migrasi aja deh dari indonesia ke negara yg lebih aman seperti singapore,Hongkong ataupun china. Jadi kan ga usah minta-minta belas kasih ataupun perbelaan dari pemerintah indonesia.Semua jg sia-sia. Diskriminasi itu selalu ada terhadap kaum keturunan cina.

    Comment by Albert Hu

    re untuk Albert Hu

    kasihan kamu…
    orang seperti anda provokator sebenarnya.. dari semua kerusuhan yang melibatkan etnis tionghoa

    Comment by DAMAI — March 16, 2009 @ 3:52 pm | Reply

  29. jgn bawa2 semua pribumi dong, kan ga semua kaya gitu, hanya orang2 tertentu yg memprovokasi semua ini,..
    mengenai cw2 cina yg diperkosa, aku juga ga setuju soal ini kejam banget, tapi jangan bilang begini ya”bagaimana kalau cw2 pribumi yg diperkosa pemuda cina???sebenarnya dari dulu uda banyak juga cw2 pribumi yg dihamili cowo2 cina setelah hamil ditinggalin mentah2 tanpa tanggung jawab oleh cowo2 cina, bahkan temen2 cowo2 cina tempat ku dulu banyak menghamili cw2 pribumi dan ditinggalin dengan alasan hanya boleh nikah sama2 cina”, bijaklah dalam menyikapi masalah, di dunia ini begitu banyak masalah yang ga boleh dipandang sebelah mata, jangan cuma bisa emosi dan memikirkan kepentingan diri sendiri aja, bukan cuma kaummu yang menderita.

    aku juga ga mengerti apa sih masalah sebenarnya dari kerusuhan mei, ga jelas lagi, tapi bawa2 suku, agama, ras, berat banget sih masalahnya.

    kalau kita mau disenangi orang di daerah orang, ramah lah dikit tanpa memandang2 suku, agama, ras, dan bahasa, apalgi kita pendatang jangan menganggap ras kita paling lebih.

    kalau berteman jangan cuma berkelompok aja, kalau ada masalah kaya gini kan ga ada yang mau bantu.

    waktu kerusuhan dayak-madura di kalbar, kami menyembunyikan orang2 madura malah, karena kami kenal baik dan tetanggaan, padahal kami dayak.

    Comment by lara_hati — April 15, 2009 @ 1:56 am | Reply

  30. re: steven L

    jgn bawa2 semua pribumi dong, kan ga semua kaya gitu, hanya orang2 tertentu yg memprovokasi semua ini,..
    mengenai cw2 cina yg diperkosa, aku juga ga setuju soal ini kejam banget, tapi jangan bilang begini ya”bagaimana kalau cw2 pribumi yg diperkosa pemuda cina???sebenarnya dari dulu uda banyak juga cw2 pribumi yg dihamili cowo2 cina setelah hamil ditinggalin mentah2 tanpa tanggung jawab oleh cowo2 cina, bahkan temen2 cowo2 cina tempat ku dulu banyak menghamili cw2 pribumi dan ditinggalin dengan alasan hanya boleh nikah sama2 cina”, bijaklah dalam menyikapi masalah, di dunia ini begitu banyak masalah yang ga boleh dipandang sebelah mata, jangan cuma bisa emosi dan memikirkan kepentingan diri sendiri aja, bukan cuma kaummu yang menderita.

    aku juga ga mengerti apa sih masalah sebenarnya dari kerusuhan mei, ga jelas lagi, tapi bawa2 suku, agama, ras, berat banget sih masalahnya.

    kalau kita mau disenangi orang di daerah orang, ramah lah dikit tanpa memandang2 suku, agama, ras, dan bahasa, apalgi kita pendatang jangan menganggap ras kita paling lebih.

    kalau berteman jangan cuma berkelompok aja, kalau ada masalah kaya gini kan ga ada yang mau bantu.

    waktu kerusuhan dayak-madura di kalbar, kami menyembunyikan orang2 madura malah, karena kami kenal baik dan tetanggaan, padahal kami dayak.

    Comment by lara_hati — April 15, 2009 @ 1:58 am | Reply

  31. hahaha,,
    org indonesia dah melakukan apa yg aq mw,,
    hahaha….
    mereka melakukan itu karena mereka adalah budak ku, budak iblis,, hahaha
    mereka semua yg melakukan itu akan dapat hadiah dari ku dan dari Tuhan , hadiah dari ku mereka sudah terima, yaitu kesenangan saat orang lain susah, mendapat kan barnag” tanpa bayar(menjarah), dan memakai wanita chinese secara cuma”…
    hahahaha…
    sekarang mereka hanya menunggu apa yg akan di berikan oleh Tuhan,,
    nanti kan saja budak” ku..
    huahahaha

    Comment by aq-iblis — April 16, 2009 @ 10:07 pm | Reply

  32. Buset, mayatnya ngeri banget,sih? Gue kadang penasaran, apa sih penyebab sebenarnya orang-orang Cina direndahkan pada zaman ini? Apa salah mereka sampai toko mereka dibakar, dijarah, dan mereka disiksa, diperkosa, dan disakiti? Mereka kan manusia juga… Sebagai keturunan IndoCina, gue ngeri mikirinnya. Temen gue yang asli Cina baru aja baca Sekuntum Nozomi punya nyokapnya, dan dengan berapi-api berkata bahwa dia bakal benci Indonesia seumur hidupnya abis baca tuh buku.

    Lagian pemerintah mikir apa, sih? Membiarkan kebiadaban ini berlanjut terus… Ini mah malah menunjukkan bangsa Indonesia bangsa barbar, bukan merdeka. Mana pancasila 1: ‘Ketuhanan Yang Maha Esa itu? Gereja2 dibakar. ‘Keadilan bagi seluruh bangsa Indonesia’. Mana keadilannya? Mana??

    Gue masih umur 4 tahun waktu itu, jadi ga tau apa2. Tapi ngeliat ini, gue jadi kepingin nampar pemerintah sekali… aja.

    Comment by G.M — May 3, 2009 @ 7:01 am | Reply

  33. saya masih inget banget waktu itu, 13 mei 1998 waktu itu masih kelas 1 smk. persis dibelakang sekolah saya berdiri markas paspampres, jam 12.30 suara sirine mobil paspampres dan panser meraung-raung melintas didepan sekolah saya banyak sekali. perkiraan saya semua kekuatan di paspampres saat itu keluar semua serentak tapi entah mau mengamankan siapa dan dimana. sontak sekolah memulangkan siswa pada saat itu (mungkin kepsek sudah mengetahui keadaan lewat berita). sepanjang jalan pulang menuju kerumah lewat harmoni sudah tidak ada lagi kendaraan yg melintas yang terlihat cuma mobil dan motor yg dibakar disepanjang jalan begitu juga di jl. hasyim ashari sudah banyak gedung yg dibakar oleh massa, pom bensin di grogol juga dibakar masssa. tgl 14 mei jam 06.30 sudah banyak juga bangunan yang dibakar juga kendaraan kebanyakan punya warga keturunan. yg mengherankan di daerah jembatan lima saya melihat ada orang yg kuat memanggul kulkas dua pintu ukuran jumbo sendirian sambil berlari menghindar dari kerumunan massa yg hendak membakar barang hasil jarahan orang lain dan orang itu lolos dari kejaran massa.
    waktu itu saya melihat orang-orang yang menjarah seperti kerasukan setan mereka gak kenal lelah malah seperti melebihi kemampuan orang biasa disaat keadaan normal. mudah-mudahan kerusuhan mei 1998 gak pernah terulang lagi.

    Comment by tewe81 — May 13, 2009 @ 2:37 pm | Reply

  34. maaf klo saya potong pembicaraan.. ada sekalain

    saya termasuk darah dari tinghoa..
    kamai bauakn menuduh orang pribumi yang melakukanay
    kamai hanay membuktikan ,bahwa kejadian itu bauakan pesan burng belaka..
    so jagan ad keriburkan lg ok ,kt semau kan cinta damai…dan di tahun 2009 ini kg etis banget tuh !! namanay kericuhan,iy kan ??

    Comment by coki — May 13, 2009 @ 8:26 pm | Reply

  35. Pada ngomong apa’an sich???
    Mending cek di dapur,gas buat kompor
    Msh cukup gak,beras msh ada gak,
    Besok makan lauk nya apa??

    Comment by herr7 — May 17, 2009 @ 8:49 pm | Reply

    • Laok nya
      PribumI asam manis
      Pribumi bakar madu
      Pribumi goreng
      Nasgor pribumi
      Spageti pribumi
      Jus pribumi
      DSB

      Comment by Mr.zat — April 5, 2013 @ 9:47 pm | Reply

  36. gila pas itu!!
    warga pribumi telah di perbodoh ma prabowo cawapres iki!!!
    dia korupsi terlalu banyak mpe politik tidak di gubris ma masyarakat..karena perhatian pribumi teralihkan kerusuhan mei yang dibuat ma prabowo..ga tega tuh orang…berani2 nya jadi cawapres…

    sialnya pribumi tuh guoblokk..main emosi tok ga pake otak makae main seks, bunuh, cuit2..dimana2 pribumi yang paling nomor satu kalo kriminalitas..makae kaya gini….indonesia tercoreng ga malu…justru gara2 bangsa asing membantu negara ini makanya jadi maju..tapi…orang pribumi ga malu2 tah.. mencoreng dirinya jadi pelau kriminalitas tinggi daripada tionghoa disini???
    lagi2 mei 98 buat aku sangat kecewa..meski aku wong pribumi campur bangsa lain..waaahh…
    ga tau diri pribumi kayak gini main2 kotor terus…

    guoblok..hai mereka yang mao dibodohi…hati2 memilih seorang pemimpin!!!

    malu ka???

    Comment by sarah — May 19, 2009 @ 10:14 am | Reply

  37. provokatore yaghhh prabowo iku!!!! buku putih prabowo itu bohong belaka..ada saksinya!!!!!
    parbowo sepenuhnya pengecut!!!1

    Comment by sarah — May 19, 2009 @ 10:18 am | Reply

  38. woiii..pelaku pemerkosaan bangsat anjing tae babi kimak 7 keturunan mate d perkosa.tuhan loe ngajarin gt yah?etnis cina kaya karna kerja keras!!!bukan kyk loe (pelaku)pagi siang nongkrong malam ngewe ma bini!dasar goblok biar d jajah aja 300 taon lagi biar pinter!

    Comment by john — June 9, 2009 @ 8:35 pm | Reply

  39. Hati-hati dengan orang yang menghalalkan segala cara untuk mencapai tujuannya seperti Prabowo. Tidak punya integritas, bermuka dua. Hari ini kamu dibaikin karena dia butuh, besok kamu ditendang karena dia sudah tidak butuh kamu lagi !

    Comment by purabowo — June 13, 2009 @ 1:27 pm | Reply

  40. Aku masih inget betul kejadian waktu itu, kebetulan aku aktivis demonstran, siang itu 12 Mei 1998 mau berangkat kuliah sore di kampusku di daerah Cipinang kebetulan harus lewat Grogol, dan pada saat itu sedang terjadi peristiwa di Kampus Trisakti dan aku akhirnya gabung sama temen2 di Trisakti.

    Besoknya 13 Mei 1998, setelah pemakaman Mahasiswa Trisakti terjadilah kerusuhan itu mulai dari Grogol, kemudian meluas sampai seantero Jakarta, hari itu aku pulang kuliah naik bus jurusan Kaliders tapi sampai perempatan Tomang bus dicegat Massa kemudian dialihkan masuk Tol ke arah Kebun jeruk, akhirnya kita diturunkan di Mall Puri Indah Kembangan. Dari sini kita jalan kaki menuju Pasar Cengkareng sepanjang perjalanan Massa mensweping rombongan kami dan menanyakan ada Cina nggak? Mereka periksa kami satu persatu, aku yang waktu itu selalu bawa jas almamater di tas aku pakai, kemudian mereka bilang ‘Hidup Mahasiswa’.

    Sampai di Pasar Cengkareng benar2 terjadi peristiwa yang luar biasa, Massa bergerombol dan menjarah Mall Ramayana, ada aparat yang berjaga-jaga, tapi mereka tidak bisa berbuat banyak. Dan waktu itu belum ada perintah tembak di tempat.Suasana benar – benar mencekam saat itu.

    Comment by mada — June 13, 2009 @ 3:11 pm | Reply

  41. Sumuanya menderita, baik minoritas maupun mayoritas atas peristiwa mei 1998, mari kita menjaga persatuan dan kesatuan untuk membangun Indonesia tercinta menjadi negara yang berwibawa, disegani dan tempat yang aman bagi semua anak bangsa.

    Comment by Cinta Damai — June 15, 2009 @ 11:37 am | Reply

  42. halah orang-orang cina bisanya nguras orang pribumi aja, giliran ky gni aja sok gembor2in. Ga perlu lah ngerasa jd minoritas toh kalian merasa orang indo katanya kan, klo cuma kabur trus nguras n ga mau bangun bangsa ini ya sekalian aja biar ada mei 98 episode 2 nya….buktikan klo klian orang indo dong

    Comment by anti cina — June 23, 2009 @ 12:39 pm | Reply

    • woi anti cina bangsat lu ya? mampus aja lu! sini ketemu ama gua berani ga lu? fight satu lawan satu? gua pecahin kepala lu!!!

      Comment by Char — March 30, 2012 @ 3:44 am | Reply

      • Sabar bro
        Lu loe ngajak brantam orang mereka sama saja loe itu ngater nyawa sendiri
        Ingat orang mereka
        Yg brantam/Fight (˘̶ ε‾˘̶‾‾ ٥ )
        Tp yg nunggu giliran pasti lebih dari 10
        [к̲̅α̲̅п̲̅] pribumi pengecut

        Comment by Mr.zat — April 5, 2013 @ 10:15 pm

    • La ngapain musti kita”
      Lo kalian jha kayak gitu
      (˘̶ ε‾˘̶‾‾ ٥ )

      Comment by Mr.zat — April 5, 2013 @ 10:12 pm | Reply

  43. gw termasuk yang jadi korban mei98 tapi ‘gak parah sih cuma hilang uang saja. karena kena sweeping malam itu untung gw ‘gak diperkosa karena gw duduk di mobil bagian belakang. yang didepan sopir & teman gw yang pribumi. mobil kami dicegat ‘gak boleh lewat, kepaksa gw bagi-bagi duit supaya dikasih lowong buat jalan. begitu ada jalan sopir langsung tancap gas. tp tetap aja disana sini gw harus muter-muter semalaman sampai hampir dekat rumah, akhirnya gw turun naik ojek. untung tukang ojeknya baik, dia cari jalan yang aman karena sekitar rumah gw udah rusuh. akhirnya gw selamat sampai rumah. tetangga gw banyak yang pribumi, justru mereka nolong kasih pinjam sajadah untuk ditaruh di pagar. jadi intinya kawan, kita harus dengan rendah hari berbaur & tdk eksklusif. kalau kita baik, mereka juga baik kok. itu hukum dunia kan. soal pelaku kerusuhan, mereka mungkin bisa lolos dari hukum manusia tetapi tidak dari hukum Tuhan. Hukum Tuhanlah yang terpenting. Untuk para korban, kita berdoa agar mereka diterima disisi Tuhan & keluarga yg ditinggalkan diberi kekuatan. Kawan, hidup itu singkat jangan dendam. mungkin gw bs ngomong gini krn gw gak kehilangan banyak tp yang paling bisa gw lakukan ya itu tadi dan memberitahu anak cucu gw mengenai peristiwa ini. untuk tidak melupakan sejarah sekelam apapun itu.

    Comment by angela — July 4, 2009 @ 9:26 am | Reply

  44. sory sebenarnya ini karena orang pribumi yang tak terpelajar yang dimotori elite….
    gw wkt kejadian ada di solo,tebakar hangus kota yang tenyram n gw tau org2 yang menjarah gk dari daerah kami

    Comment by dimas — July 23, 2009 @ 8:53 am | Reply

  45. weee gimana ya namanya juga hukum.tapi jujur tahun 1998 itu tahun lahir akutapi aku bulan dec .ado pengin banget cari tau apasih penyebabnya.tapi orang yang dah kena kerusuhan malah banyak yang nambah. parah banget. untung aku blom lahir sukur deh kalo aku dah lahit gak tau deh harus gimana rumah aku itu vihara dan pernah di bakar tapi sukur lah jadi bagus lagi.tapi yang kena musibah itu aku doanin deh biar selamat dalam segala hal.o i a tapi tuhan akan birikan hukum kepada kita lagi di tahun 2012.tuhan aku mohon di tahun 2012 tidak ada hukuman separah itu amin.tolong yang baca ini mulai hari ini baca doa lah setiap hari dan mohon untuk tak ad hukuman lagi buat orang di dunia ini.

    aku juga mohon sebelom hukuman aku pengin liat wajah tuhan.kalo bisa stop everything that sound bad,see bad and something bad. ini juga buat kalian semua.jangan lupa kalo ketemu orang yang jahat bilang tobat sebelom hukuman datang ok.

    Comment by roshan — September 30, 2009 @ 5:24 pm | Reply

  46. [ halah orang-orang cina bisanya nguras orang pribumi aja, giliran ky gni aja sok gembor2in. Ga perlu lah ngerasa jd minoritas toh kalian merasa orang indo katanya kan, klo cuma kabur trus nguras n ga mau bangun bangsa ini ya sekalian aja biar ada mei 98 episode 2 nya….buktikan klo klian orang indo dong

    Comment by anti cina — June 23, 2009 @ 12:39 pm ]

    *kemarikan ibumu, nenekmu, anak perempuanmu, istrimu, saudara perempuanmu, cucu perempuanmu, kalau perlu nenek moyangmu. aku perkosa satu persatu lalu aku rusak kelamin mereka entah dgn cara aku pukul, aku silet, aku gores, aku gigit. aku genjot mereka sampai kelamin mereka berdarah. kubekap mulut mereka dalam proses penggenjotan tersebut sampai mereka tak bisa bernafas. aku keluarkan cairan maniku ke dalam rahim sanak saudara perempuanmu, biarlah mereka kandung anak haram. lalu setelah itu belum selesai, sanak saudaramu itu aku gilir dengan teman-temanku sampai mereka tidak bisa lagi berteriak, menangis, ataupun merasa sakit karena ngilu menguasai lubang mereka yg berdarah. aku lakukan dan menikmati sanak saudaramu itu semua didepan dan disaksikan langsung oleh kau, suami mereka, anak mereka, sanak saudara mereka, langsung dan beramai2 sembari bersorak riang! lalu aku tertawa puas melihat kau tidak bisa apa-apa melihat orang yg kau sayang itu aku rusak, aku perkosa, aku kencingi, lalu aku siksa sampai mati, lalu aku bakar.
    kemudian aku berkata bahwa sanak saudaramu itu rasanya enak sekali, belum pernah aku merasakan lubang keturunan kau, ternyata enak sekali. lalu kau aku hajar, aku kencingi juga, aku hujat, aku cacimaki, aku sumpahi, lalu aku bakar juga kau.

    masih bisa berkata “sok gembor2in” ?

    TOLONG YA SEMUA ORANG, BAYANGKAN INI TERJADI PADA DIRIMU & SANAK SAUDARAMU PERSIS SEPERTI YG AKU GAMBARKAN DISINI KARENA SEMUA YANG AKU TULIS DIATAS BETUL2 TERJADI SAAT KERUSUHAN MEI `98. SEMUA ITU DETAIL YANG FAKTA. MEREKA DIPERKOSA SEPERTI ITU! TOLONG PAKE DULU OTAK SEBELUM BUKA MULUT/BACOT. GA USAH FLAMING, NEGARA INI GA BUTUH RASIS. SELAMA MASIH ADA RASIS/ORANG IDIOT ATAU GA SEKOLAH ATAU GA BEROTAK & BERMORAL DI NEGARA INI, SELAMANYA PUN TIDAK AKAN PERNAH MAJU. GUARRANTEED.
    lagipula, ga guna lu semua banyak bacot di webpage, blog, atau apapun tapi ga melakukan apa-apa di dunia nyata. lebih baik tutup tuh bacot daripada kejadian mei 98 terjadi lagi dan ternyata kali ini nasib lu ga sebaik yg dulu. jackpotnya ternyata keluarga lu.

    Comment by RasisGoToHell — November 12, 2009 @ 10:27 pm | Reply

    • May 1998 rioting was a “gift” from God to chinese people, all bad things was payment from what you have done, rioting happen as payment from all bad things you have done for hundred years in Indonesia, so if you smart don’t blame or imagin you fucking other women jus do the rigth thing before God wipe out all you pride , include your evil revenge thing in your loser mind

      Comment by Broker — June 8, 2011 @ 2:21 am | Reply

  47. OM SWASTIASTU
    indonesiaku, republik bangsaku
    sejurus tahun telah kita lalui
    segerak mata kita telah melihat
    sebuah tangis kepedihan dari hati
    oleh keras emosi jiwa yang tak terelakkan
    membakar sepanas – panas api lebih dari matahari
    membuat setan berteriak ini yang ku mau
    dan tertawa hahahaha mari kita berpesta
    oh yang agung dan tak terpikirkan
    umatmu yang suci telah ternodai oleh hebatnya materi
    oleh indahnya dan nikmatnya wanita
    hingga ego menguasai kita
    dan pikiran telah menggila
    hingga hati terkunci oleh kekuatan kegelapan
    yang agung dan tak terpikirkan
    berilah sinarmu untuk menerangi hati
    walaupun secercah sinar agar engkau mampu menuntunku ke jalan yang benar,,,,
    damaikan hati kita, damaikan hidup kita terhadap semua mahluk,
    niscaya tuhan mendamaikan kita dengan ketengan hati
    dan kebijaksanaan berpikir.
    bangsaku indonesiaku,
    berikan pemimpin ku jalan untuk menjadi suri tauladan
    dalan berpikir yang baik, suci dan luhur
    bersikap dengan penuh bijaksana dengan kewibawaannya
    dan pengetahuan yang maha luas untuk membuat indonesia lebih baik
    “om jagadhita ya cai ti dharma”
    OM SANTI SANTI SANTI OM

    Comment by gede — November 13, 2009 @ 6:17 am | Reply

    • OM SHANTI BROTHERS & SISTERS!!!!

      Comment by Johny Alex Panjaitan — June 15, 2012 @ 8:05 pm | Reply

  48. kerusuhan ini lebih karena ada elite politik bukan cina, islam , ato hal2 seperti itu. ada gosip prabowo dibelakang semua itu.
    lalu ada gadis yang dibunuh karena mencoba mencari info lanjutan namanya Ita Martadinata Haryono. apa ini karena orang rakyat biasa.. pemerintah terkesan menutup-nutupi.. benar2 .. dan ini bukan hanya di jakarta tapi di berbagai wilayah indonesia. aceh, irian , maluku , solo, dsb.. mari kita usut tuntas semua ini

    Comment by a — November 18, 2009 @ 7:46 am | Reply

  49. jadi tolong kita semua saling sepakat dan tau info lebih lengkapnya.. yang menjarah memang rakyat biasa. tapi yang memulai, membunuh,memperkosa itu sangar,berotot,cepak.. (menurut keterangan saksi) jadi apa maksudnya ini. ada rumor juga bbrp muslim dilatih untuk menjarah dalam grup. satu grup 8 orang. setelah mereka menjarah. mereka dibunuh di dalam api…
    massa yang memperkosa n membunuh itu rapi , terorganisir. mereka datang dengan truk, bw molotov,parang dsb. lalu pergi naik truk lagi.. maka jangan lah saling ribut, anti cina, anti muslim , ato apa kek… ini rekayasa pemerintah.

    cina sering jadi kambing hitam, tentang bangsa ini menjarah indo. tapi sebanyak apa yang bisa dijarah. bukannya yang korupsi itu bangsa indonesia sendiri. yang berkuasa dan mengatur semua. yang pasir aja diangkut dan dijual ke singapur. yang tambang dan semuanya dijual ke luar tanpa mengupah penduduk sekitar. yang pemerintah orde baru sendiri. itu semua masa lalu.

    tapi khusus kasus ini..mesti diusut tuntas!!

    Comment by a — November 18, 2009 @ 7:53 am | Reply

  50. buat yg anti cina>>> orang2 kaya kamu ini yang bikin bangsa ga bisa maju… karena bisanya cuman iri hati… kita ini kudu bersatu boy.. saya setuju dgn coment nomer 46… buat yg anti cina… pikirin aja klo tragedi mei itu terjadipad etnis km!!!!! mau??? mikir donk goblok…. jancok…

    Comment by cleo — November 23, 2009 @ 7:05 pm | Reply

  51. JUJUR AJA YA..

    INDONESIA TANPA WARGA TIONGHUA GK BAKAL MAJU”..

    KARNA RATA” ORANG TIONG HUA ORANG KAYA..

    EMANG ORANG PRIBUMI?
    HAHAHAHAHAHAHA..
    UDAH MISKIN!
    SOK KAYA!
    KASIAN GW LIAT SODARA” LO NGEMIS” DIJALAN..
    MENDERITA BANGET Y..
    Hohohoho..

    Comment by ReywinsoN — November 25, 2009 @ 6:18 pm | Reply

    • fucking loser, God will destroy people like with all your wealth and your pride, you are fucking asshole

      Comment by Broker — June 8, 2011 @ 2:13 am | Reply

      • yang dikatakan saudara ReywinsoN benar …. yang fucking asshole itu loe broker kampret … kotoran babi

        Comment by TIONGHOA — July 17, 2012 @ 9:48 am

  52. Hmm..
    Gw punya bukti kuat ni..
    And semua yg baca pesan gw pasti ngerti apa yg gw maksud..

    Jujur ya..

    Agama kristen, kt pernah kn melihat tuhannya?

    Contoh : kt pernah tau wujud tuhan yesus, karna ada di gereja, dan setiap saat kt bs melihat patungnya..
    (mereka ada)

    Agama Buddha Alias “TIONG HUA”

    Contoh : kt pernah kn melihat tuhannya? kt pernah tau wujud buddha..
    Seperti Kuan Im.. Kuan tek kong.. Dll..
    (mereka ada)

    Nah.. Kt sekarang agama pribumi alias “ISLAM”..
    : pernah kah kau melihat tuhan mu?
    Hahahahaha..
    Selama kau bersembah, apakah ada tuhan mu?
    Alquran agama mu..
    Sama persis dgn kristen..
    Apa gk malu memfotocopy agama and cerita orang?

    LEBIH NYATANYA!
    ANDA SEMUA DI RUMAH MEMILIKI TELEVISI.. Atau KORAN KN?
    NAH!
    SEMUA PEMBUNUHAN.. PENCURIAN.. PEMERKOSAAN.. PENCULIKAN.. Dll..
    98% yg melakukan agama islam..
    Sangat memalukan..
    Percuma kalian puasa selama berbulan-bulan..
    Hahahahaha..
    Sangat mengecewakan..
    Seandainya saya terlahir di agama kalian, lebih baik saya tidak hidup menjadi manusia..
    Karena saya malu ngemis” di jalan..
    Untung saya orang kaya..

    Gk suka dgn saya?
    08989844896
    tangan gatel pengen nampar semua orang islam!
    HUANA CHAU CIBAY!

    Comment by ReywinsoN — November 25, 2009 @ 6:30 pm | Reply

    • fucking loser, God will slap you with all your pride and will make born as a poor moslem, trust that and that will happen to you loser

      Comment by Broker — June 8, 2011 @ 2:10 am | Reply

      • fucking loser, God will slap you with all your pride and will make you born as a poor moslem, trust that and that will happen to you loser

        Comment by Broker — June 8, 2011 @ 2:11 am

    • Tolong di add (ง’̀⌣’́)ง
      Add this pin
      2A9F8132
      Gw chnz

      Oya mank lo G̶̲̥̅̊αk tw (ง’̀⌣’́)ง
      Wujud tuhan islam/allah itu kayak paa
      Makanya pas mereka sholat liat ĐøøהǤ
      Mata mereka tertuju ke mana
      Itu lah tuhan nya
      Tembok
      ◦•◦•ωĸâωĸαĸâωĸα•◦•
      Makanya umat nya
      Rata” muka tembok
      G̶̲̥̅̊αk tw malu
      Uang hasil maling di bangga” in
      ◦•◦•ωĸâωĸαĸâωĸα•◦•

      Tolong di add (ง’̀⌣’́)ง
      2A9F8132

      Comment by Mr.zat — April 5, 2013 @ 10:26 pm | Reply

      • Bdw this pin khusus
        CHNz onlie
        Muslim jauh” deh
        Jgn add gw yha
        Yg kristen
        Gw akan slalu trima kalian
        Di contac gw
        ᵗʰᵃᶰᵏᵧₒᵤ ⌣̈

        Comment by Mr.zat — April 5, 2013 @ 10:27 pm

  53. kepada org cina (cina yg d Indonesia): terima kasih karena tlah menjadi bagian dr warga Indonesia, terlepas dr semua “kekurangan” klen. klen jangan sok exclusive walaupun klen banyak yg kaya, ingat klen cari duit itu dr mana ??? ini bukan tanah air klen, berilah rasa hormat kepada warga pribumi (bila klen ga merasa org Indonesia)jangan mentang2 punya usaha dan mempekerjakan org pribumi trus klen merasa jadi “tuhan”nya org pribumi, syukuri anugrah yg klen peroleh melalui negara ini jangan sombong, terusterang itu akan menimbulkan sakit hati org lain yg berakibat fatal (dah tau dong akibatnya???)

    kepada org pribumi : bersikaplah lebih sabar walau itu sulit, memang rasanya ga adil dan sedih saat mlihat org “lain” bertingkah seperti “boss” di rumah kita sendiri, ingat: Tuhan tidak akan membiarkan kita kalau kita berbuat yg benar d hadapanNya. kita tidak perlu mengotori tangan kita utk membalas “mereka”.
    tak bisa dipungkiri, banyak juga “org cina” yg baik dan kita harus menghargai itu.

    Comment by Peace — November 29, 2009 @ 9:36 am | Reply

    • akui aja klo orang pribumi itu memang budak … sampah … kotoran babi …

      Comment by TIONGHOA — July 17, 2012 @ 9:52 am | Reply

  54. Nah
    yg ini bru gw trima

    Comment by ReywinsoN — November 29, 2009 @ 6:20 pm | Reply

  55. waktu kerusuhan mei 98 g masih umur 10 th..jd lum ngerti apah2..baru2 inih ajah mulai ngerti setelah join salah st grup di FB..g kurang setuju dengan grup ituh yg sangat rasis,tapi dr situ g bisa membaca kesaksian2 para korban dan melihat foto2 mei 98 yg sangat sangat sangat sangat mengerikan! kebanyakan foto pemerkosaan wanita chinese oleh pria pribumi..ya ampuunn..bener2 pengen nangis liatnyh..semua korban berdarah2,bahkan ada yg puting susunyh dipotong!(maaf kalo ga sopan)

    menurut g kejadian mei 98 adalah kejahatan manusia terbesar di indonesia dan pemerintah menutup mata atas kejadian inih..

    saya punya teman seorang muslim..saya menanyakan pendapat dia ttg kejadian inih..dan dia bilang,kalo semua agama mengajarkan yg sama, yaitu kebaikan..sewaktu kejadian mei 98 dia tinggal di salah satu komplek di tasik yg dominasi muslim,namun ada warga keturunan juga..ketika massa menyerbu,warga keturunan di komplek tersebut diselamatkan oleh warga muslim..mereka berkata kepada massa bahwa di komplek tersebut muslim semuah,shg massa bubar..

    jadi ga semua muslim ituh jahat,mereka juga ada yg menyelamtkan warga keturunan ketika kerusuhan..

    warga keturunan yg tinggal di indonesia mau ga mau berbaur dengan warga pribumi..selayaknya kita saling menghargai agar kasus sara seperti mei 98 tidak terjadi lgh..

    bayangkan jika di indonesia tidak ada warga keturunan..bagaimana nasibnyh??
    orang chinese bisa kaya karena berjuang,bekerja!
    jika mau tau ttg sejarah kedatangan kami ke indonesia..nenek moyang kami adalah imigran gelap dan di negara asal hanyalah seorang petani,buruh,tukang kayu..bagaimana bisa kaya??yah kerja lah,bukan cuma maen gapleh,judi,mabok2an..

    lim sui liong yg punya BCA ajah dulunyh cuma pedagang asongan!
    yg punya bank NISP juga tadinyh miskin banget,sepeda ajah minjem..

    tp dengan kerja keras,mereka bisa kaya luar biasa koq ^^

    dan jangan pikir semua org chinese kaya,berlimpah harta..
    banyak juga yg masih kurang,tp mereka tidak menyerah dengan keadaan..ttp bela2in sekolah walaupun bayarnyh mati2an,utang kemana2 ..kalo kata temen saya : org chinese tuh terbiasa berjuang karena selalu dipandang sebelah mata di indo..tanpa sadar,ada semangat juang dalam diri kita,makanyh bisa pinter2,bisa pada kaya

    oiyah buat lara_hati kan bilang kalo bnyk co chinesse yg hamilin cewe pribumi..tapi mereka melakukannyh rela kan??bukan diperkosa..ok lah kalo diperkosa juga,tapi bukan perkosaan masal oleh lebih dr 5 orang kan dan kemudian dibunuh!sebelum dibunuh ditabokin,karena ga bole pingsan selama diperkosa..setelah itu disayat2 alat kelamin dn putingnyh..
    ga gituh kan saii??
    mereka ga dibakar kan??
    ga ditelanjangin depan ribuan org kan??
    kamu juga tolong bijak dalam memandang masalah^^

    last but not least
    kita dilahirkan ke dunia tidak dapat memilih ras,warna kulit,org tua kita siapa..semua telah ditentukan oleh Tuhan..dan setiap kita adalah karya Tuhan yg sempurna..Tuhan ga pernah bilang : waduh saya gagal menciptakan si A..oleh karenaa itu jangan kecewain Tuhan yg telah menciptakan kita dengan berbuat anarkis,menghilangkan nyawa,dll..semoga Tuhan memberkati dan melindungi kita semua..memberikan ketabahan dan jalan bagi korban dan keluarganyh..dan juga membukakan mata para pelaku sebelum mereka meninggal dunia,karena hukuman di akhirat lebih mengerikan beribu2 kali dari pada hukuman di dunia..amin..

    Comment by me — December 10, 2009 @ 10:33 am | Reply

    • Kerusuhan Mei’98 maybe adalah salah satu kejahatan kemanusiaan terbesar di dunia bahkan…

      Comment by Sutra — July 18, 2011 @ 1:51 am | Reply

  56. SANGAT TIDAK MEMPUNYAI PERASAAN WANA,COBA PIKIR KALAU SODARA ATO KLUARGAMU YG D JADIKAN KORBAN????
    TERKUTUK ORG YG TLAH TERLIBAT PERISTIWA ITU
    GUE SUMPAHIN BIAR DIA MATI MENGENASKAN

    Comment by surya — December 20, 2009 @ 11:08 am | Reply

  57. kontol lu pribumi, ga ada yang baek, gua maen ke departemen pemerintahan, kerjanya malakin kita-kita yang pengusaha, masih di dalam kantor departemen, tuh monyet, minum minuman keras. gua lihat dengan mata kepala gue, tuh tiko di depan gua soalnya.

    kontol lu pribumi. Gua bantu bagi sumbangan buat korban bencana, dari balik toilet, gua denger suara tiko ngobrol, dia bilang, “tu cina pelit, kasih sumbangan cuma 2 juta per keluarga, mana cukup”.

    kontol lu pribumi, menghadapi AFTA, ga berani, apalagi mentri kesra. goblok lu, lu ga berani, karena loe semua di pemerintahan, pada koruptor. anjing lu, hidup diatas bumi pertiwi yang ga seharusnya lu lahir di tanah ini. karena lu ga becus, dan loe kaga bisa kelola ni negara.

    kontol lu pribumi, sapa bilang ini bukan tanah air gua, dari ujung sampai pangkal, turunan gua menjadi para penyuport negara, tapi loe kasih apa, anjing loe tiko babi. loe tiko semua, yang ga pantes lagi ada di muka bumi ini.

    kontol lu pribumi, ada yang mau organisasikan gerakan belakang pemberantasan pribumi secara ekstrim? gua mo ikut. gua sumbang tenaga dan keahlian dan duit gua. thanks.

    Comment by epen — January 9, 2010 @ 12:36 pm | Reply

    • you are fucking asshole chinese, chinese like you is legall to wipe out

      Comment by Broker — June 8, 2011 @ 2:08 am | Reply

      • WOI broker gua mampusin lu ya!

        Comment by Char — March 30, 2012 @ 3:49 am

    • setuju brother epen …. gua memang nyimpan benci dan dendam ama huana …. kauceng huan ..

      Comment by TIONGHOA — July 17, 2012 @ 10:04 am | Reply

  58. [...] Kerusuhan Mei 1998 [...]

    Pingback by cerita INDONESIA dalam GAMBAR « Jenstea's Blog — February 16, 2010 @ 3:08 am | Reply

  59. Cuma mao bilang ga semua orang pribumi jahat . . Saya orang chinese toh buktinya ada juga orang pribmi yang baek . .

    Comment by Me — February 18, 2010 @ 9:09 am | Reply

    • Ala
      Dikit tu ma
      Bagaikan
      100%
      Cuma 1% yg baik
      Dodol
      Tu pon
      Gaslamanya
      Pasti ada
      Udang di balik bakwan
      Sehingga
      Orang pribumi mw baikkan sama loe dodol
      Jgn percaya sama omongan pribumi
      Bisa” lo di jebak nya
      Nie gw tulis
      Di tanggapi
      Blh G̶̲̥̅̊αk di tanggapi jga gpp
      (˘̶ ε‾˘̶‾‾ ٥ )

      Comment by Mr.zat — April 5, 2013 @ 10:37 pm | Reply

  60. kelihatanenya kita disebut orang ramahtamah, tahu adat, dan sopan. tapi klo lapar jADI PErusuh juga yaaa

    Comment by dealer pulsa — September 25, 2010 @ 12:45 pm | Reply

  61. Indonesia Negara Terkaya Di Dunia

    Nnggak Percaya Liat Aja Di http://www.NegaraTerkayadiDunia.com.
    Tapi kenapa masih diam aja di bodohin wakil rakyat……

    Kita Berantas Ramai2x Wakil Rakyat!…

    Comment by Syahrul Johandi — December 16, 2010 @ 6:22 am | Reply

  62. sudahlah nggk ada gunanya saling menjelekkan,sekarang saya tanya, dalam semua agama diajarin kan bahwa yang cipta’in manusia itu Tuhan,kalau kita menghina orang lain hanya karena beda ras ,sama aja kita menghina ciptaan Tuhan,kalau mau berusaha semua orang bisa kaya,kalau berbuat baik sama orang maka orang juga akan baik kepada kita,dan buat yang tertindas saya mohon maaf nggk bisa berbuat apa2 karena waktu itu saya baru berusia 6th,saya turut merasa bersalah,sebaliknya buat yang menindas kita hidup di dunia ini nggk lama kita nggk tau kapan kita akan mati,.walaupun perbuatan kita tidak diketahui orang lain tapi Tuhan Maha-Tahu.

    Comment by andy bros — March 14, 2011 @ 3:14 pm | Reply

  63. issue perkosaan massal perempuan etnis tionghoa, cuma isapan jempol. Tragedi kerusuhan 1998 memang sangat pahit buat bangsa Indonesia (bukan cuma buat etnis china).

    http://www.angelfire.com/in/faktanya/fakta07.html

    Comment by olay — May 9, 2011 @ 3:32 am | Reply

    • semua terjadi karena ada sebab-akibatnya…lihat aja beberapa tahun ke depan akan terjadi WONG JOWO KARI SEPARO WONG CINO KARI SEJODO WONG LONDO GILAGELO,RAMALAN JAYABAYA AKAN TERBUKTI!!!!!

      Comment by oke — May 13, 2011 @ 5:25 pm | Reply

  64. all chinese who wrote bad comment here were fucking asshole, you you wrote comment with full hatred is show what kind of you really are, Majority Chinese are people with stubborn character, they won’t become gentle people , if they are guilty they always seek reason to blame another , buat minority of chinese are good person , I see many comment of you are blame and attack Indonesian people, I trust that May 1998 rioting will happen again and the impact for the chinese people will become worst than may 1998, God is mercifull, but beside that God will destroy you with all your pride and that is true and real to be happen again to you (this is not jackpot right) you say jackpot cause you like gambling to much, but God hate gambling. May 1998 rioting was “gift” from God to Indonesia chinese

    Comment by Broker — June 8, 2011 @ 2:06 am | Reply

    • fuck your mother … you fucking ass hole …. pribumi kontol ….makan aja babi biar lebih pintar kau kontol …

      iya sayapun berharap mei 1998 terjadi lagi …. dengan target orang pribumi …khususnya keluargamu … kontol …

      and tsunami gempa banjir lumpur lapindo is a “gift” for you all pribumi fucker ….

      Comment by pribumi_adalah_kotoran — July 18, 2012 @ 2:52 am | Reply

  65. May 1998 rioting was a “gift” and warning from God to chinese people for what they have done for hundreds year in Indonesia, so if you still don’t want to get right thing in your mind , the rioting will happen again as “gift” from God to you, all things happen in life is caused by many reason include the reason fron that rioting

    Comment by Broker — June 8, 2011 @ 2:17 am | Reply

  66. Ikut nimbrung…Q skedar mo share aj sma klian semua.Terserah kalian percaya to g cerita q ini.Q harap dngn cerita q ini.Bisa membantu klian smua.Papiku memiliki suatu kemampuan.Dia bisa meramal.Rmalannya jarang meleset.Dari kejadian kerusuhan d BJM,Soeharto meninggal,bencana menimpa Indo,Lima cahaya kebakaran dll.Dengan kemampuan dan tingkah lakunya.Semua orang di Banjarmasin mengira papi ku orang gila.Papi ku juga bilang kejadian Buddha menangis di Aceh pertanda akan ada bencana datang.Ternyata beberapa bulan setelahnya.Padanglah yang terkena gempa.Papi ku selalu berkata kpda seluruh kluarga bahwa hrus bnyk berbuat baik.Karena Indonesia akan kacau pemerintahannya.Pemerintahan akan perang.Bencana akan timbul.Sampai akhirnya yg dikatakan Jayabaya terbukti.Wong Jowo kari separuh.Wong Cino kari sejodoh.Wong londo gila-gelo.Cina tinggal 2% dan org jawa tinggal separuh.Dalam keadaan kacau banyak orang pergi kluar negri ato mati d negeri sendiri.Jawa akan tenggelam.Indonesia akan pecah mnjadi 4 bagian.Papi ku menyarankan bgi org Cina lebih baik ttap di Indo krena disini ccok dengan hitungan org Cina.Tpi saat negara ini bangkit.Org2x yg ad d luar tidak akn bisa blik k sini.O y sblum lupa.Q mo ksih tau.Rmalan in telah dicampur dngan berbgai rmalan dri org ahli jga.Papi ku jga mnyarankan kita org Cina hrus baik dgn org Indo.Jgn di bda2xkan.Krna saat negara ini hancur.Kta bisa mminta pertolongan kpada org Indo.Kita manusia seperti sdang diayak.Dpilih antara yg baik & jhat.Org2x yg tersisa lah yg akan membangun negri ini.Dan akan muncul ratu adil.Thun 2012 nanti merupakan pncak dari pnyaringan.Alam murka kpda ksombongan kita.Thun 2012 bnyak fenomena aneh d awal tahun yg terjdi.Bnyak bnda luar angkasa yg jtuh k bumi.Menyebabkan bncana dan akan muncul pnyakit yg tdk bsa d smbuhkan.(mnurut info yg q bca PLN tau akan info ini.Mkanya sring mati lampu.Hal ini dlakukan dlam upaya pencegahan)Listrik dan brg elektronik tdak akan bs berfungsi.Akan banyak muncul org2x yg mpunyai kmampuan spritual.Saat dunia menjadi gelap gulita keadaan akan membaik.Org-org mulai kmbali kpada ajran kebajikan.Tpi saat itu manusia telah sdikit.Bnua-benua akan terpisah.Amerika,singapore akan hilang tenggelam dan hacur.Cina bagian utara jga akan tenggelam.Msa2x ini akan kembali ke zaman keemasaan.Agama Islam akan hancur dari negara ini seperti yg d ramalkan Sabdo Palon dan Noyo Genggong.Kami akan terlahir kembali setelah 500 tahun Agama Buddha menghilang dari muka Bumi.Dan agama Buddha akan menyebar k sluruh jawa.Org2x hebat pda zaman dlu akan bereinkarnasi k bumi.Mrekalah yg mbantu mbangun negara Indo.Maaf sebnarnya crita nya masih banyak.Tpi sngat pnjang untuk d ceritakan.Smoga bisa membantu.

    Comment by oke — June 12, 2011 @ 4:50 pm | Reply

    • Yang penting berusaha hidup baik. Situ punya ramalan apa tapi yang menentukan Tuhan. Tuhan yang ngatur hidup manusia bukan ramalan orang :)

      Comment by hahahahahaha — August 16, 2012 @ 5:05 pm | Reply

  67. We’re Family… Marilah rakyat indonesia bersatu, tidak memandang diskriminasi, saling menolong, saling menghargai. Untuk apa susah2 sekolah dan belajar PPKN (kewarganegaraan) yang pada saat itu belajar dan mengerti tapi pada nyatanya tidak diterapkan. Tidak ada yg salah dan tidak ada yg benar. Tidak perlu terlalu menggembor2kan lagi masalah dulu. Jadikan itu sejarah dan bahan intropeksi diri bagi yang melakukannya, bagi yang merasa pernah rasis dan dendam terhadap sesama. Krn semakin dihebohkan maka akan semakin muncul masalah dan ketersinggunggan.

    Yg berlalu biar berlalu, Tuhan juga telah membalas mereka. Karma itu ada, apa yang engkau buat maka itu yg engkau dapat nantinya. Percayalah. Cukup hidup di jln yg benar… Orang jahat kepada kita, jgn langsung membalasnya, cukup jauhkan diri dan menahan emosi. Byk berdoa dan sesuai dengan aliran yg baik ,bukan yg menyesatkan. Saya harap semua bisa saling intropeksi dan tidak saling menyalahkan apalagi yang menggunakan kata kasar atau cakap kotor.

    Let we become a family, we’re all the same, we’re human, we’re created from God. Kita tdk tau knp kita etnis ini dan kenapa kita agama ini, itu semua terjadi apa adanya, bukan kita yang minta bukan?

    World Peace. Think Light, friends.. Let we start from Now :)

    Comment by I love Peace — July 16, 2011 @ 5:00 am | Reply

  68. Kerusuhan Mei’98 saya masih ingat peristiwa yg sangat mencekam pada saat itu. Perusakan, penjarahan, perkosaan dan bahkan pembunuhan. Kami harus mempersenjatai diri dengan berbagai alat demi untuk mempertahankan diri dari para penjarah dan penjahat. Rumah teman saya dijarah kemudian dibakar. sehingga dia hanya punya baju yang melekat dibadan. Para wanita sangat takut diperkosa sehingga menjadi trauma. Dan mengapa para otak dan pelaku kejahatan yang keji ini tidak diusut tuntas dan di tangkap? Saya heran agama apa yang dianut oleh para pelaku kejahatan ini dan ajaran apa yang didapat sehingga perbuatan setan/iblis ini sanggup mereka lakukan…

    Comment by Sutra — July 18, 2011 @ 1:29 am | Reply

  69. waaah so nice story :) tapi tuh kan udha berlalu jadikan aja “Sejarah perjuangan TiongHua”
    S’moga Smuanya bisa akur2 aja yha… hidup itu kan cuman sementara loh syank kalo habisin waktu buat berantam yg gk bisa hasilkan apa2
    ya kan?
    wktu kerusuhan aq baru kelas 4sd dijak -ut jadi gak gt tau apa2 , yg aq ingat toko ortu aq dibakar jadi kita pindah kebatam, tapi smoga itu gak akan terjadi lagi karna kita sama2 saling bertergantungan apa gunanya bermusuhan kalo suatu saat kita juga akan menemui jalan yg sama disisi Tuhan… gak ada untungnya kan saling mencaci , menghina kan kalo tar kita udha pada death juga gak akan merasakan apa2 kan?

    @utk TiongHua : Jiwa usaha yg cukup tinggi makanya bisa maju dalam berbisnis gak memandang putus asa walaupun memulai dr nol, dan lebih pusatkan keusaha sendiri dari pada habisin wktu untuk lihat hasil org,karna tionghua tdk iri hati dan selalu mengalah untuk menank memank sih org tiong hua agak sok sok an karna hebat tapi krna ada “HASILNYA” makanya berani begitu kalo gak ada hasil sok sok an malu kan wew Kampate Tiong Hua selalu sukses

    @utk pribumi : asalkan gak ada iri hati xlian pasti bisa sukses juga dengan bekerja sama n menjaga kekompakan slalu karna negri kita indonesia sudah memiliki anugrah yg besar yakni SDA nya so jangan sia2 kan!!!apa itu Bhineka Tunggal Ika yg artinya berbeda2 tetapi tetap satu!so kita adalah 1 jadi apa gunanya habisin waktu utk saling berselisih , ingat pribumi gak bodoh!! cuman masih kurang usaha aja asal rajin n gak malas2 an pasti bisa sukses Kampate :)

    Comment by silvi — July 19, 2011 @ 7:23 am | Reply

    • setuju dengan komentar ini..
      dan sekali lagi, jadikan peristiwa tersebut sebagai kenangan buruk bangsa indonesia, mari untuk seluruh masyarakat indonesia bersatu untuk membangun negeri kita tercinta ini tanpa membedakan ras atau apapun itu. bangsa kita satu bangsa Indonesia.

      Comment by ilmutambah — March 25, 2012 @ 8:41 pm | Reply

  70. kalo belajar sejarah yang sesungguhnya,sebenarnya sebagian daripada wali songo,penyebar agama islam di pulau jawa,merupakan keturunan chinese dan masuknya islam ke indo didukung oleh orang muslim tionghoa sehingga sudah seharusnya kita hidup rukun tanpa memandang tionghoa atau pribumi karena yang mengaku pribumi pun sebenarnya memiliki darah tionghoa dan yang tionghoa pun (terutama yg sudah tinggal lebih dari 3 generasi) memiliki darah pribumi….

    Comment by maju — July 19, 2011 @ 4:24 pm | Reply

  71. klo mnrut sya it krn org cina yg sok2an. Mreka smbong krn mrka kaya n skses, tp apa mrka sdar dmna mreka hdup???? Klo mw smbong plg aj loe ke kmpung loe sno.. N mrka blg than bs dlyat??? busyet…. Klo than bs dlyat jgn bsa jtuh cnta dong ma than??? Cba tuhan loe it loe palu bsa ngehindar gak??wkwkwkwk… Cina anjing… Tempek…

    Comment by wong muslim kediri — July 24, 2011 @ 8:13 am | Reply

    • ck3…ubah pandanganmu nak…smua manusia itu sederajat dan ciptaan Allah….

      Comment by sufi — July 24, 2011 @ 4:17 pm | Reply

    • woi wong muslim pepek …. makan dulu babi ….

      Tuhan itu maha besar… maha adil… maha pengasih… maha penyayang ,, maha mendengar ..hanya orang orang yang amal dan ibadah nya tinggi lah yang bisa melihat Tuhan . dan jujur saya cinta sama Tuhan…

      Nah liat orang islam yang mengangap Tuhan itu budek …..orang islam pake toak kalau mau sembayang … betul betul gila … Tuhan itu maha mendengar … ga perlu lah pake pake toak segala … dan ngebilang babi itu haram … tapi diam diam kelen makan juga babi …. babi yang menolak makan babi ….

      kelen yang sok suci ..pake baju tertutup semua dari kepala sampai kaki… padahal pengen dipegang juga pepek dan tetek nya … MUNAFIK( muka nabi fikiran kotor) … …. sembayang 5 kali sehari … tapi moral itu ga ada …cuman ngerti iri dengki dendam sama orang tionghoa …
      satu bulan suci, puasa penuh dengan perbuatan2 munafik …. sok sok baik …. sok sok suci … setelah puasa berakhir …. kembali deh kalian ke moral bejat kelen … parah ….
      agama tak bener dianut oleh manusia bermoral bejat … tambah parah lah … prihatin juga liat kelen … kasian …

      Comment by pribumi_adalah_kotoran — July 18, 2012 @ 3:51 am | Reply

  72. jika saya mengingat kejadian 1998…. saya sangat mengenangnya. masa yang melahirkan kerusuhan dimana-mana. jujur saya pernah turun dalam aksi. nama sayapun ada didalam DPO kopasus berambut gondrong. jujur saya menyesal melakukannya. karena kejadian itu saya tidak dapat melanjutkan sekolah akibat di DO dari kampus. masa itu membuat semua rakyat indonesia semakin berani. padahal semasa pemerintahan soeharto tak ada pencuri, perampok, pembunuh bahkan orang bertato sekali pun di culik kemudian tubuh mereka di campur dengan semen yang menjadi beton dan ditenggelamkan di lautan. di tahun 80-an pun semua perampok di kampung saya menyerahkan diri karena takut di bunuh oleh aparat. jujur masa ini merupakan masa yang sangat sulit bagi saya. maaf klo saya lancang…. dan maaf klo saya mengungkapkan sesuatu yang memalukan… tetapi menurut beberapa teman seperjuangan… mereka sangat menyesal… masa ini adalah masa permainan uang… segalanya adalah uang… wahai para penguasa cobalah lirik kami….. lihat nasib kami kaum buruh, kaum petani dan kaum miskin pinggiran kota. apakah kami harus menjadi orang yang kotor di mata masyarakat. kami merindukan masa yang aman seperti dulu. tetapi tidak seperti pemerintahannya. kami kaum kecil sering tertindas oleh para preman…. apakah kami harus mengatakan “yang berkuasa di negeri ini hanyalah preman”. tidak mungkin saya mengatakan seperti itu. wahai penguasa lakukan sesuatu untuk menolong kami…. atau hukum alam akan menindas kami… yang kuat akan menang dan yang lemah akan mati…. itu merupakan potret hidup kaum kecil yang tertindas oleh preman…. adik-adikku yang bekerja di jalanan harus menyetor setiap hari kepada bossnya. jujur saya tak mampu menghadapi ini semua….. kami pernah mencoba untuk melawan tapi hasilnya tidak ada malahan kami harus merawat diri kami akibat di pukuli oleh mereka. bila kalian yang membaca ini. tolonglah lirik kaum kecil…. beri mereka bantuan seperti memberi mereka pekerjaan walaupun dibayar kecil. kami selalu mensyukuri nikmat tuhan. jangan hanya bisa mensosialisasikan sesuatu yang tidak ada hasilnya bagi kami. atau inilah kehendak yang di atas “tak ada cara lain selain tindak kejahatan”. ya beberapa dari kami tak tahan dengan dunia sehingga memilih jalan pintas tindak kejahatan. seandainya masa itu tak pernah ada mungkin di dinding rumah saya yang dulu sudah ada photo saya ketika sarjana. tapi apalah saya harus menjalani ini semua. walaupun kerjaan sulit di cari tetapi saya harus mensyukurinya. pesan saya hargailah uang berapa pun nilainya. jika anda mau kumpulkanlah koin demi koin dan berikanlah kepada kaum kecil. mereka akan mensyukurinya. siapa lagi yang mampu mengubah indonesia kecuali anda. maaf atas komentar ini. kalau ada yang tersinggung mohon di maafkan. saya hanyalah orang yang berpenghasilan kecil tak mampu membayar pengadilan…. jadi maaf klo ada kata-kata saya yang salah.

    Comment by saparuddink — July 25, 2011 @ 10:10 am | Reply

  73. http://www.merryriana.com

    Comment by abas — July 26, 2011 @ 3:44 pm | Reply

  74. buat apa hrs ribut dan berdebat soal ini,yg lalu biarkan berlalu. skrng sdh saatnya kita menatap masa depan yg baru untuk membangun negara kita ini agar menjadi lbh baik. lbh baik kita semua memperbaiki kesalahan yg lalu agar tdk terulang lg. tidak ada agama manapun di dunia ini yg mengajarkan untuk melakukan kejahatan, kejahatan yg dilakukan bukan dr agama nya tetapi dr individu2 nya sendiri. saya warga keturunan,mata saya sipit tetapi saya cinta negara ini, saya WNI dan saya orang Indonesia asli krn saya lahir dan di besarkan di negara ini. sebagai anak bangsa seharusnya tujuan kita sama dan hanya ada 1 tujuan yaitu membawa Indonesia menjadi lbh baik. smoga kedepannya tdk ada keributan2 lagi sesama anak bangsa di negara kita ini.

    Comment by joe — August 6, 2011 @ 11:10 pm | Reply

  75. saya ingat betul ketika tahun 98 bulan mei saya jadi saksi mata penjarahan dan pembakaran di mall klender, saya lihat sendiri agak beberapa truk tentara yang isinya orang2 berjubah putih dan bersorban putih turun memulai aksi penjarahan dan memprovokatori terjadinya penjarahan dan pembakaran kemudian mereka pergi secara diam-diam dengan diangkut truk itu lagi, sepertinya kerusuhan mei 98 merupakan permainan politik orde baru dan korbannya yaitu orang suku tionghoa dan rakyat kecil yang menjadi korban penjarahan dan pembakaran..

    Comment by saksi — August 10, 2011 @ 3:25 pm | Reply

  76. peristiwa 14 mei 1998 merupakan periode terkelam bagi bangsa ini,waktu itu sy yang ketika itu sebagai spr taxi menyaksikan secara lgs pelecehan dan pemerkosaan terhadap perempuan2 chinese berkulit bening yang dilakukan beberapa orang (oknum militer??) di tepi jalan,maap,pydra mreka diremas2 dan dipermalukan di depan umum, dan…………….. ga kuat lagi sy nulisnya,sedih sekali jk ingat hal itu lg…sy jg lht org2 udh kyk kesurupan mandi di jalan pake aer akua galon,gotong2 kulkas dan tv dari pertokoan,keadaannya udah kacau balau semrawut sperti di hutan rimba…semoga para pelaku mendapat blsn yg setimpal dan utk para korban agar tetap tabah krna Gusti Allah ora sare….GBU Indonesia….majulah bangsaku…

    Comment by riatno — August 11, 2011 @ 4:08 pm | Reply

  77. Banyak kebencian yg “tergores” pd beberapa paragraf di atas.
    Mulai dari kebencian terhadap agama, ras atau pun golongan.
    ———————————————————————————
    Saya cuma ingin mengingatkan pada kita semua dalam sebuah kalimat yg pernah diucapkan seseorang:

    “Jangan karena kebencianmu terhadap kelompok atau pun golongan, membuatmu bersikap tidak adil terhadap mereka”.

    “Pandanglah dari sudut pribadi seseorang, dan jangan pandang dari sudut agama, ras, atau golongan”.

    “Seseorang dinilai bukan dari asal-usulnya atau pun agamanya, melainkan dari sikap dan perbuatannya”.
    ———————————————————————————-

    Akhirnya saya hanya bisa menulis ulang apa yang di tulis oleh seorang musisi besar bangsa ini dalam sebuah lirik lagu.

    Judul lagu : Menjaring Matahari
    Pencipta : Ebit G Ade

    Kabut, sengajakah engkau mewakili pikiranku.
    Pekat, hitam merarat menyelimuti matahari.
    Aku dan semua yang ada disekelilingku.
    Merangkak menggapai dalam gelap.

    Mendung, benarkah pertanda akan segera datang turun hujan.
    Deras, agar semua basah yang ada dimuka bumi.
    Siramilah juga jiwa kami semua yang tengah dirundung kegalauan.
    Roda jaman menggilas kita, terseret tertatih-tatih.

    Sungguh hidup terus diburu, berpacu dengan waktu.
    Tak ada yang dapat menolong selain yang disana.
    Tak ada yang dapat membantu selain yang disana.
    Dialah Tuhan, Dialah Tuhan.
    ———————————————————————————

    Ini hanyalah tulisan dari seorang yang masih sangat teringat dg kejadian ini, rumahnya hanya berjarak sekitar 200 meter dari salah satu pusat kerusuhan, dan dia menyaksikan sendiri dengan mata kepalanya.
    Mata dan ingatanya masih segar merekam semua itu, walaupun ketika itu masih berumur 10 tahun, maka pantaskah anak ini melihat “pemandangan” seperti ini (kerusuhan).
    Anak ini selalu teringat ketika melihat wajah kakak perempuanya yang bermata sipit dan berkulit putih (berperawakan Tionghoa). “Klo saja kakak ga balik lagi karena uang yg tertinggal dimeja makan, pasti kakak udah mati”.

    Saya adalah seseorang yang dalam tubuh saya mengalir darah 5 bangsa/ suku yaitu; Sunda, Jawa, Tionghoa, Arab dan Bavaria.
    JADI SAYA INI ORANG YANG TERMASUK GOLONGAN MANA…….?????? *_*

    Comment by Hanz — August 15, 2011 @ 12:06 am | Reply

  78. ternyata, thn ’98 itu menyeramkan y :(…. Untung ak g lahir tahun segitu….!!!!! :)

    Comment by fellis — August 29, 2011 @ 5:40 am | Reply

  79. gw dl tinggal di jakarta pas 98 terjadi kerusuhan di daerah kebun jeruk..kebetulan orang2 yg tinggal di belakang rumah kami itu orang2 pribumi..tp apa yg terjadi sewaktu kerusuhan terjadi????Rumah kami di lindungi oleh mereka,kami sekeluarga tidak kehilangan apapun,kami sangat berterima kasih kepada keluarga pribumi tersebut,sayang sekali wkt itu saya masih berumur 10 tahun.nanti klo ada wkt saya ingin kembali ke jakarta untuk berterima kasih kepada keluarga tersebut. Lokasi rumah saya ada di kebun jeruk pas di sebelah sekolah samaria kudus.tidak semua orang pribumi itu jahat,gw orang tionghua tp gw kagak benci orang pribumi..mgkn orang2 yg melakukan penjarahan tersebut adalah orang2 yg tidak berpendidikan,preman2,pengangguran dll.gw percaya kalau orang2 pribumi yg berpendidikan pasti tidak akan melakukan penjarahan tersebut…thanks

    Comment by w1n — September 13, 2011 @ 3:43 am | Reply

    • setuju juga bro!!!

      Comment by Johny Alex Panjaitan — June 15, 2012 @ 8:53 pm | Reply

    • pendidikan atau tidak,,,itu tidak berpengaruh banyak hanya mengurangi sifat mereka ….tapi aslinya mereka penuh kedengkian dan iri hati ,,itu yang membuat mereka smua terlihat berbeda,,jika melihat mereka ,,hanya gumpalam kegelapan yang ada dihatinya ,,,pekat,,,t

      Comment by Yan — August 5, 2012 @ 7:29 pm | Reply

  80. waktu itu sy juga menyaksikan secara lgs pelecehan dan pemerkosaan terhadap perempuan2 chinese cantik-cantik berkulit putih mulus bening yang dilakukan banyak orang di tepi jalan,mreka dilecehkan sampai telanjang bulat , disuruh menari2 bugil di depan ribuan orang,dan diperkosa rame2

    Comment by dd ddd — September 17, 2011 @ 1:49 pm | Reply

    • Aku sangat mencintai gadis2 chinese cantik-cantik berkulit putih dan mulus bening! hehhehehheehehhehe

      Comment by Johny Alex Panjaitan — June 15, 2012 @ 8:55 pm | Reply

  81. Saya heran nich ma pemerintah nangkap teroris bs,tp giliran ngungkapin dan mengadili aktor intelektual kerusuhan mei 1998 aja NOL BESAR. Buat pelaku perkosaan ingat hukum karma itu ada,smoga tuhan memberikan balasan setimpal dari apa yg pernah kalian buat. Siapa yg menabur dialah yg akan menuai.

    Comment by Ria — September 21, 2011 @ 12:33 pm | Reply

  82. sy hanya menyarankan kepada yg merasa menjadi manusia dan berhati manusia yg membaca ini. sy heran banyank di antara kita mudah sekali terprvksi, baik dari pribumi (anak bangsa indonesia) maupun warga asing yg ada di indonesia. sebenarnya kl kita mengaca diri kita masing masing. 1. untuk warga asing janganlah anda menghina warga indonesia karna anda sendiri mencari uang di Indonesia mf, belum tentu di negara anda, anda bisa sukses seperti di Indonesia. Jadi sudah seharusnya anda menghormati warga Indonesia sekalipun itu anak buah anda. tanpa anak buah/ karyawan sy jamin usaha apapun yg anda miliki tidak akan sukses. memangnya anda sanggup mengerjakan seorang diri BUUUSIIIT kl anda sanggup sendiri mengelola perusahaan/toko dari anda buat pondasi hinnga menjadi bangunan dan mulai oparasi usaha tersebut. anda pasti membutuhkan bantuan oang lain, yg mayoritas anak bangsa Indonesia karna usaha anda di Indonesia. 2. untuk warga negara Indonesia yg baik, hendaklah anda bersyukur saat ini anda hanya meneruskan perjuangan Republik Indonesia. bekerjalah yg baik penuh amanah, jgn kau rusak bagsa sendiri dengan ha-hal yg tidak bermoral apalagi kau rusak generasi muda penerus Indonesia dengan pemahaman pemahaman yg keluar dri PANCASILA bahkan yg lebih parah degan NARKOBA. pesan saya HANCURKAN PENGHIANAT BANGSA MERDEKA TANPA NARKOBA REPUBLIK INDONESIA TETAP JAYA!!!

    Comment by YOSI — September 28, 2011 @ 5:34 am | Reply

  83. bangsa pribumi diajarin korup sih jadinya negini ini, dagang itu perlu berterimakasih, tapi tanda terimakasihnya tidak diarahkan untuk merata, alhasil, seperti sekarang, orang gak ngerti tanggung jawab dikasi tanda “terimakasih” jadinya yaaa, hukum rimba yang berlaku selagi kuat dia menang…..rusak bisnisan bisa diangun kembali, kalau rusak moral…. yaaaa tergantung dirinya sendiri lahhh….

    Comment by asemanggi — October 2, 2011 @ 11:17 pm | Reply

  84. MERDEKA!! MERDEKA!! 17 AGUSTUS? MERDEKA?? Semua itu TAIIIIIIII!!!!!………………. PENJAJAH ADALAH BELANDA (ITU DULU!), SEKARANG CHINA, KITA SUDAH TIDAK MERDEKA!! PARA PRIBUMI JANGAN PANTANG MENYERAH MESKIPUN HANYA PERLAWANAN YANG KECIL. TUNGGU KEMERDEKAAN KITA, HEY PENJAJAH!!!!!!

    Comment by indira — November 13, 2011 @ 2:36 pm | Reply

  85. Sesuatu yg baik adalah sesuatu yg bermanfaat tak perlu saling menghujat dlm forum ini lebih baik instrospeksi diri untuk memperbaiki jalan kdepan yg msh jauh&pnjng

    Comment by opick 085226127650 — May 28, 2012 @ 5:24 pm | Reply

  86. Semangat

    Comment by Iyuz — May 29, 2012 @ 12:38 pm | Reply

  87. woi indira di comment 84 kebetulan saya lewat kebaca postingan kamu …. coba kau makan dulu babi supaya bisa berpikir jernih otak kau itu ….
    penjajah … ga salah loe … orang tionghoa memperoleh kekayaan dengan perjuanangan dan usaha keras… bukan merampok orang pribumi ..

    orang pribumi aja yang ga ada otaknya, kalau pun ada …. kecil, makanya ga bisa berpikir untuk mau maju, tau nya cuman cara jarah, rampas, perkosa, kimak kalian orang pribumi ….. kalian bahkan lebih menjijikkan dari kotoran babi … KOTORAN BABI

    walaupun kalian jarah, kalian hancurkan… lihatlah apa hasilnya … tetap saja orang tionghoa bangkit kembali dan memperoleh kembali kekayaannya bahkan semakin sukses … sedangkan kalian orang pribumi … hanya jadi apa … tau ga … pekerja atau budak orang tionghoa … mayoritas kalian orang pribumi adalah budak di negara kalian sendiri … . cam kan itu .. kurasa itu yang membuat mu berpikir bahwa orang tionghoa adalah penjajah … kalau iya tahankan .. ngaku aja kalau loe itu ga bisa berbuat apa apa … taunya cuman iri dengki ama orang tionghoa yang lebih kaya lebih cantik dan ganteng ….

    Saya mendoakan korban mei 1998 supaya damai jiwanya di tempat yang lebih baik, dan juga mendoakan para korban pemerkosaan supaya mereka diberikan kekuatan dan ketabahan dalam menjalani hidup dan semoga mereka mendapatkan kehidupan yang baik
    Saya selalu berharap dan berdoa semua orang tionghoa saling bekerja sama, saling membantu dan saling melindungi , agar semua orang tionghoa Indonesia semakin jaya dan sentosa … sehingga bisa membangun Indonesia lebih baik …

    Comment by TIONGHOA — July 17, 2012 @ 7:48 am | Reply

  88. untuk comment 52. OI BABI!! MASALAH ETNIS JANGAN DI HUBUNGKAN DENGAN AGAMA!! EMANG DI ETNIS LO YAKIN SEMUA AGAMANYA SEPERTI LO? TOLOL LO NJINK!! BANGSA LO JUGA ADA YANG MEMELUK AGAMA SEPERTI KITA PARA PRIBUMI. LAGIAN TUHAN ITU BUKAN UNTUK DISOMBONGKAN ATAU DIPAMERKAN! MAKANYA JANGAN KEBANYAKAN MAKAN BABI SAMA ANJINK! EFEKNYA OTAK LO JADI DONGO!! GOBLOK!! KEBANYAKAN MAKAN PANTAT BABI SIH LO!!

    Comment by Black_Fire — July 22, 2012 @ 3:46 am | Reply

  89. nah kan, comment 87 menyarankan untuk makan babi!! HAHAHAHAHAHA……TIONGHOA GOBLOK!!! LU SAKIT HATI KARENA ETNIS LO DIOBOK2 YAK? JADI NYARI SENSASI DSINI NJING?
    TANPA KITA PARA PRIBUMI, LO SEMUA TIONGHOA BUKAN APA2 NYET!!

    Comment by Black_Fire — July 22, 2012 @ 3:50 am | Reply

  90. coba semua orang kturunan chinese pindah dari indonesia termasuk memindahkan pusat bisnisnya, saya yakin indonesia akan hancur dan terpecahbelah, ingat populasi chinese indo hanya 5-10 % namun kegiatan ekonomi indonesia dikuasai 80% lebih, smua perusahaan2 besar disini sebagian besar dimiliki/diatur oleh keturunan chinese!!! makanya pake logika kalo bilang chinese mau dihancurin, stlahnya indo akan hancur lebur!!!

    Comment by pribumi asli — July 25, 2012 @ 6:38 pm | Reply

  91. wah… kok comments-nya kebanyakan tentang kebencian semua sih…
    itu sih berarti kita nggak jauh beda sama orang yang menganiaya. bedanya mereka nusuk dari depan kita dari belakang.

    Aku tau apa yang kalian semua katakan itu ada benarnya, tapi kata Tuhan kita harus mengampuni musuh kita kan… siapa tau dengan begitu mereka jadi
    peraya pada Tuhan.

    Kan Tuhan senang jika ada jiwa baru. Dan itulah tugas kita bukan :3

    Comment by some one — August 1, 2012 @ 1:15 pm | Reply

  92. Kerusuhan Mei 1998 adalah cara terakhir pak hart* mempertahankan diri sbg presiden tetapi gagal:
    “Ketika para pegawai pulang naik bis didalam bis, penumpang di pilah-
    pilah. Para penumpang Cina disuruh turun, disuruh membuka baju, dan
    kemudian disuruh jalan berbaris. Mereka digiring ke padang ilalang
    dipinggir jalan dan di pilah-pilah lagi. Yang berparas cantik diperkosa.
    Sedangkan yang berparas tidak begitu cantik disuruh berjalan telanjang.
    Modus berikutnya, perempuan-perempuan Cina secara ramai-ramai
    ditelanjangi dijalan raya, kemudian tubuhnya digerayangi. Kami menemukan
    putingnya ada yang sobek dan seluruh badan memar. Ada lagi pegawai bank.
    Sebanyak sepuluh orang memasuki bank dan menutup bank tersebut. Para
    pegawai Cina disuruh menari-nari dengan telanjang. Kemudian ada tiga
    anak gadis dari keluarga Cina miskin yang diperkosa. Mereka berumur 10
    sampai delapan belas tahun, diperkosa oleh tujuh orang disebuah tempat
    di Jakarta Utara/Barat.
    Yang berikutnya adalah sebuah keluarga yang kebetulan kakak perempuan
    para korban mengaku kepada Ita Nadia bahwa dua adik perempuannya
    diperkosa di lantai tiga rumah mereka oleh tujuh orang pula. Setelah
    diperkosa, dua adik perempuan itu didorong ke lantai dua dan satu dimana
    api telah berkobar, sehingga dua adik tersebut meninggal. Itu beberapa
    kasus. Kasus-kasus lain, mereka biasanya diperkosa, kemudian dicekik.
    Tetapi ada juga yang ketika diperkosa, korban kemudian membunuh diri.
    Para korban ini tidak hanya diperkosa di vagina tetapi juga di dubur dan
    diikuti pula dengan pengrusakan vagina. Itu dilakukan secara sistematis
    karena tidak dilakukan oleh orang biasa. Secara politis, saya mau bilang
    bahwa ini adalah perbuatan untuk menunjukkan “kalau kamu menuntut
    reformasi dan demokrasi, ini adalah bagian yang harus kamu bayar. Dan
    bagian yang harus kamu bayar adalah mengorbankan etnis Cina, dalam hal
    ini adalah perempuan sebagai target untuk membangun sebuah teror atau
    ketakutan di masyarakat untuk mengintimidasi masayarakat. Jadi
    dipilihlah etnis Cina dan perempuan dan non muslim karena merekalah yang
    paling lemah

    Comment by pribumi asli — August 3, 2012 @ 6:44 pm | Reply

  93. hanya Tuhan yang lihat siapa saja pelaku keji itu,,disaat itu smua nya berubah menjadi iblis,,,anak buah lucifer,,,gak ada hati ,,keji,,kejam,,buas,,layak setan monster,,,makanya sekarang apa kalian bisa lihat,pelaku pelaku itu sebagian sudah mati dalam gempa di pangandaran ,,aceh,,,padang,dll,,,dan itu terbukti kaum kalian ngak dilindungi,,,kaum kalian terkutuk,,,kaum kalian akan menerima smuanya,,,kematian,,penyakit,,,pembunuhan,,,perang,,kelaparan,,kemiskinan,,,karena perbuatan yang dilakukan leluhur kalian dari jaman dahulu,,tapi kelak saatnya akan tiba,,masa kalian berkuasa,,,tapi tidak lama ,,hanya sedikit waktu saja,,setelah itu semua hilang,,,tngu waktuna,,,sudah mendekati ,,,babaknya ,,,,tapi yang perlu diketahui,,darah orng tidak berdosa sudah berteriak minta keadilan ,,,semakin terdengar jelas,,, dan akan membuat kalian memilih mati daripada hidup,tingal sedikit waktu lagi,,…..

    Comment by Yan — August 5, 2012 @ 7:20 pm | Reply

  94. buat blackfire,,,saaya pesan saja,,kalau anda tidak pernah mencoba lbh rendah hati ,,saya lihat badan anda berdarah,,,mungkin terlihat seperti kecelakaan,,,tapi saya tidak tahu,,semoga hidup anda lbh baik ,,rendah hati lha

    Comment by Yan — August 5, 2012 @ 7:26 pm | Reply

  95. potret kebodohan dan kemunduran yg terbelunggu oleh arogansi dan hegemoni penguasa

    Comment by frengky horil — September 17, 2012 @ 2:02 pm | Reply

  96. Saya cuma mau share dikit aja.
    Dulu saya respek dan perhatian dgn orang cina, karena dulu saya tinggal di Papua, disana org cinanya baik2.
    Saat ini saya tinggal di Surabaya untuk kuliah. Nah semenjak tinggal di Surabaya baru saya melihat jeleknya orang cina.
    Saya tdk duga sebelumnya, tetapi ini nyata, orang cina di surabaya jelek sifat dan hatinya.
    Saya heran kenapa mereka seperti itu???

    Dulu saat saya lihat orang cina dipukul pribumi di daerah Krampung, Surabaya, saya sempat melerai. Tapi setelah saya sering berhubungan dgn cina, justru saya tahu sifat busuk mereka sebenarnya. Mereka kebanyakan kurang ajar! Tidak tahu terimakasih udh dibaikin dan dilindungi sama kita pribumi.

    Oke deh ni ada 1 cerita nyata saya, bukan karangan ya:
    Saya pernah mengantri utk membayar belanja saya di indomaret, saat itu disebelah saya ada pemuda cina, saya yg tdk tahu apa salah saya langsung melihat dia menutup hidungnya dgn tangannya seakan2 menunjukkan pada saya bahwa saya ini bau. Padahal saya sama sekali tdk bau. Dari situ saya jadi tersinggung. Itu yg membuat “pola pikir” saya berubah terhadap orang cina. Saya kira orang cina bisa berbaur dgn pribumi, ternyata tidak. Saya rasa kalo mereka tidak mau berbaur dgn pribumi, silahkan mereka angkat kaki dan pindah ke cina daratan, disana kan mereka bisa berkumpul sesama mereka. Hmm…

    Comment by fafan — October 2, 2012 @ 9:21 am | Reply

    • Oe toel nyadar oe……
      Emang lo bauk badan sendiri di cium sendiri mana kerasa…mungkin lo da terbiasa dengan bauk lo tu yg menjijikkan
      Dan ketika oran kami mendekati loe ngak sengaja mencium bauk loe yg kayak ppeq iyu
      Dan orang kami menutup hidung nya krna enamg kenyataan nya…
      Orang kalian rata” baok
      Da dekil…baok…..sampah
      Oya soal 1998
      Emang orang pribumi
      Kayak kontol smua nya
      Dari dolo sampai skrng yg paling gw benci bukan tuhan nya
      Tetapi umat nya
      Yg kayak kontol
      Kebanyakkan
      -merampok
      -menculik
      -pemerkosaan
      -korupsie
      Dan lain sebagainya
      Itu yg lakuin itu smua tak lain adalah orang pribumi…. Kata nya cinta allah..
      Lo smua bikin gitu malahan bikin malu tuhan loe jha
      Oya 1. Ge orang pribumi [к̲̅α̲̅п̲̅] G̶̲̥̅̊αk punya malu.. (˘̶ ε‾˘̶‾‾ ٥ )
      凸(`⌒´メ)凸

      Comment by Mr.zat — April 5, 2013 @ 8:56 pm | Reply

  97. kesimpulan dari semuanya yang telah terjadi..barang siapa menabur angin maka kelak akan menuai badai..mau bersatu ya monggo…,mau sok kaya atau merasa paling hebat silahkan…tapi siap siap tanggung semua konsekuensinya kelak……,HIDUP ADALAH PILIHAN..,Percuma dinasehati juga kalau ga pernah mau dengar..SIA SIA AJA…..

    Comment by Arie Setiawan — January 20, 2013 @ 10:05 am | Reply

  98. hmm.. ngga yakin semua cerita di sini ini jujur. mungkin mau memprovokasi?

    Comment by ada — January 29, 2013 @ 1:52 pm | Reply

  99. yg sharing nya provokatif bagi yang waras jangan ladeni.

    Comment by HAM — April 26, 2013 @ 3:44 pm | Reply

  100. If you desire to grow your knowledge simply keep visiting this web page and be
    updated with the newest gossip posted here.

    Comment by Dennis — May 22, 2013 @ 2:59 am | Reply

  101. Hi there! Quick question that’s entirely off topic. Do you know how to make your site mobile friendly? My weblog looks weird when viewing from my apple iphone. I’m trying to find a
    template or plugin that might be able to resolve this problem.
    If you have any recommendations, please share. Thanks!

    Comment by Phillipp — June 2, 2013 @ 8:58 am | Reply

  102. I pay a visit day-to-day a few websites and blogs to read content, however this
    weblog provides feature based writing.

    Comment by buy idol lip — June 17, 2013 @ 5:40 pm | Reply

  103. Etnis Tionghoa pada awalnya adalah pendatang dari luar negeri,dari negara China,pada saat generasi pertama mereka datang ke Indonesia.Pada saat itu China adalah negara yg sangat miskin&sengsara,jauh lebih miskin dari Indonesia,karena mereka adalah negara komunis yg sangat tertutup sama sekali terhadap dunia luar,negara tanpa agama,negara yg sangat sedikit mendapatkan pengaruh dari dunia luar (seperti Korea Utara saat ini),sehingga penduduk China menyebar ke seluruh dunia,termasuk ke Indonesia.Setelah sampai di tanah yg baru&mendapatkan kesempatan mencari nafkah di tanah yg baru,etnis Tionghoa seharusnya bisa membaur dengan penduduk lokal,saling bantu-membantu dengan ras lain,tidak diskriminasi terhadap ras lain.Tetapi pada kenyataannya,mayoritas etnis Tionghoa tidak bisa membaur dengan masyarakat pribumi,mengeksklusifkan diri,menganggap derajat mereka paling tinggi daripada ras lain,sehingga mereka mempunyai sifat diskriminasi yg semena-mena.Situasi ini sudah berjalan ratusan tahun,sehingga dapat meledak sewaktu-waktu seperti bom waktu.Dan puncaknya adalah saat Mei 1998.Setiap kejadian ada hikmah yg bisa diambil,yg bisa membuat kita berintrospeksi diri,supaya kejadian Mei 1998 tidak terulang lagi dimasa yg akan datang.Pembauran itu indah,karena bisa membuat bangsa dan negara kita tercinta lebih maju lagi.Sudah saatnyalah semua ras yg hidup di bumi Indonesia bersatu untuk memajukan bangsa.Bravo Indonesia dimasa yg akan datang !!!!

    Comment by Moh Rifky Setiawan — June 24, 2013 @ 12:22 pm | Reply

    • maaf bro,,,kejadian mei bukan karena salah cina tidak berbaur dengan pribumi tapi karena ada dalang politik. ada yg mengatur semuanya..diindonesia sebenarnya cina pribumi sudah berbaur lah….setiap aktifitas cina pasti terlibat pribumi didalamnya dan kebalikannya…justru kl yg g berbaur tuh diamrik sana yg ada chinetownnya…diindonesia mana ada chinatown?semua hidup berdampingan.tp napa diamrik ga ada kerusuhan kayak mei itu? jawabnya karena emang kerusuhan mei bukan karena kebencian pribumi kepada cina tapi karena keadaan yg diciptakan oleh oknum besar.

      Comment by ody — August 12, 2013 @ 6:27 pm | Reply

  104. Today, while I was at work, my sister stole my iphone and
    tested to see if it can survive a 40 foot drop, just so she can be a youtube sensation.

    My apple ipad is now broken and she has 83 views.
    I know this is completely off topic but I had to share it with someone!

    Comment by eklablog.com — July 2, 2013 @ 2:05 am | Reply

  105. Asking questions are in fact nice thing if you are not
    understanding anything completely, however this article presents good
    understanding yet.

    Comment by buy breast actives — July 2, 2013 @ 4:56 pm | Reply

  106. kok pada saling ribut sendiri…dinegara manapun gesekan antar ras itu ada…org cina ada yg sombong,ada yg baik..begitu juga org pribumi ada yg jahat dan ada yg baik…napa kalian pada ribut sendiri….korban dari cina banyak tapi korban pribumi jg g sedikit..napa cina ama pribumi saling salahkan…… bro2 semua.karena jelas2 kerusuhan itu terjadi serempak disemua sudut kota dijakarta bahkan beberapa kota lainnya dan pada jam yg sama…mana ada kejadian kebetulan kayak gt….perang dunia aja ga dimulai serentak kok..harusnya kl kerusuhan mei itu karena kebencian pribumi kepada cina…pasti kerusuhan terjadi satu tempat yg akhirnya merebak kesemua kota dan itu pun butuh waktu,,tidak serempak dan pada waktu yg sama. jadi kerusuhan mei 98 bukan karena akumulasi kebencian pribumi kepada cina tapi ada unsur politik yang mendalanginya.

    Comment by ody — August 12, 2013 @ 6:16 pm | Reply


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

The Rubric Theme. Blog at WordPress.com.

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: