Cerita Indonesia

February 9, 2008

Perjanjian Linggajati

Filed under: Diplomasi,KEMERDEKAAN — arishu @ 9:58 pm
Tags:

Gedung pada foto di atas merupakan tempat pertemuan perundingan Linggajati yang berlangsung pada tanggal 11-13 November 1947. Gedung yang berada di daerah Kuningan Jawa Barat, yang sekarang dikenal sebagai Museum Perundingan Linggajati, merupakan saksi sejarah diplomasi awal Indonesia. Di gedung inilah untuk pertama kalinya Indonesa dan Belanda duduk dalam satu meja perundingan sebagai dua pihak yang sama kedudukannya.

Delegasi Indonesia dalam perundingan ini dipimpin oleh Perdana Menteri Sutan Sjahrir dengan anggota Mohammad Roem, Susanto Tirtoprodjo dan AK Gani. Sementara dipihak Belanda dipimpin oleh Prof Ir. Schermeron dan beranggotakan Max Van Poll, F de Boer and H.J Van Mook.

Melalui perundingan yang alot dan dimediasi oleh Lord Kilearn dari Inggris, akhirnya disepakati antara lain hal-hal sebagai berikut:
– Terbentuknya suatu negara federasi yang dinamakan Indonesia Serikat
– terbentuknya Uni Indonesia-Belanda
– Belanda mengakui kedualatan Indonesia terhadap wilayah Jawa, Sumatera dan Madura

Perjanjian Linggajati ditandatangani pada tanggal 25 Maret 1947 oleh Perdana Menteri Sutan Sjahrir, mewakili Pemerintah Indonesia, dan Gubernur Jenderal HJ Van Mook, mewakil Pemerintah Belanda. Meski hasil perundingan ini belum mencakup bagian Indonesia lainnya, secara keseluruhan perundingan ini berhasil mendesak Belanda untuk mengakui kedaulatan Indonesia. Karenanya pengakuan kedaulatan terhadap wilayah Indonesia lainnya oleh Belanda tinggal menunggu waktu.

museum-linggarjati

8 Comments »

  1. Pengen juga melihat rumah itu, apakah masih ada sekarang ?

    Comment by Jari Jari Ampuh — February 10, 2008 @ 8:42 am | Reply

  2. Masih mas, sekarang jadi museum Linggajati. kayaknya aseek kalau ada program sahabat museum utk mengenal sejarah bangsa.

    Comment by Aris — February 10, 2008 @ 9:12 pm | Reply

  3. Perlunya mengenalkan peristiwa dan tempat bersejarah Perjanjian Linggajati kepada anak bangsa, guna menghargai perjuangan Bapak pendiri bangsa kita. hidup Sejarah !!!!

    Comment by herius — March 14, 2008 @ 1:46 am | Reply

  4. tapi sayang ya mas gedung proklamasi dah nggak ada ini kesalahan bungkarno juga pada hal tonggak sejarah awal berdirini RI itu di halaman gedung itu

    Comment by syamsu — June 15, 2008 @ 4:40 am | Reply

  5. Q sngguh tkjub sm prjuan phlwan kmrdekaan,tp mlah knp skrang KKN Smakin mnjadi jadi,apa inilah blasan bngsa dr apa prjuangan pra phlwan kita

    Comment by Ixh_1 — April 10, 2009 @ 8:09 am | Reply

  6. Masih ada kayaknya sekarang jadi hotel
    Numpang ngopi ya mas

    Comment by me — June 1, 2009 @ 8:04 am | Reply

  7. Kalo maen ke linggajati jangan lupa mampir ke rumah ku ya?he,ga jauh ko dari gdung prundingan..tinggal ke atas ja,dkt pos pendakian.

    Comment by Duy — August 4, 2009 @ 4:23 am | Reply

  8. keren nie situs” kaya’ gini

    Comment by syafiq nie .. — October 21, 2010 @ 11:39 am | Reply


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a comment

Blog at WordPress.com.