Cerita Indonesia

January 18, 2008

Tahanan Pulau Buru

Filed under: TAHANAN POLITIK — Iman Brotoseno @ 5:41 pm
Tags:

pulau buru

Kiri atas. Pramudya A. Toer dalam tahanan pulau buru. Kanan atas. Seorang tahanan yang kembali ke tanah jawa hanya boleh membawa satu karton ‘ oleh oleh ‘ dari pulau Buru.
Kiri bawah. Keluarga yang menyambut kepulangan. Kanan bawah. Perkawinan massal di pulau buru. Uniknya pemerintah orde baru mendatangkan gadis gadis dari luar maupun lokal ,dengan harapan mereka pada akhirnya akan menetap di pulau buru setelah masa tahanannya berakhir.

Foto : Indonesia in Soeharto Years

About these ads

14 Comments »

  1. Pengunjung pertamakah saya? :D

    Comment by evan — January 24, 2008 @ 6:12 pm | Reply

  2. Mungkinkah satu karton tersebut memuat karya¬≤ pak Pramudya seperti “Perawan Remaja Dalam Cengkeraman Militer” ?

    minta izin untuk nge-link ke blog ini ya pak ;)

    Comment by Fadli Reza — January 24, 2008 @ 10:11 pm | Reply

  3. Mas,..
    kalo saya ada photo dari buku2 tua, boleh di scan dan masukin sini ngga?
    tetep dengan tags sumber pastinya…

    Comment by leksa — January 25, 2008 @ 2:05 am | Reply

  4. jal bin leksa,
    ayohhh..boleh, atau mau ikutan jadi kontributor ?

    Comment by Iman Brotoseno — January 25, 2008 @ 3:25 am | Reply

  5. Mas Iman, foto foto yang ada di website ini sumbernya dari mana? Alangkah baiknya apabila ditulis karena itu merupakan sebuah karya.

    Comment by darma — January 25, 2008 @ 4:04 am | Reply

  6. setuju dengan komen di-atas-ku ;)
    Mas, benar-benar nggak nyangka foto-foto sejarah seperti ini masih ada yaks, salut…

    Comment by extremusmilitis — January 25, 2008 @ 4:27 am | Reply

  7. orde baru memang kejam ya? :D siapa sih pemimpinnya?

    Comment by sluman slumun slamet — January 26, 2008 @ 9:05 pm | Reply

  8. maaf bisa membantu saya dimana wibsite untuk bisa melihat foto tahan tapol ordebaru

    matur nuwun
    salam

    Comment by deje — December 1, 2009 @ 2:22 am | Reply

  9. sejarah yang selalu mengingatkan kita agar : (1) hidup dinegara RI berdasarkan PANCASILA atau dinegara dan bangsa ber-TUHAN ini jangan berkhianat lagi seperti mengembangkan faham KOMUNIS /PKI yang tidak ber-TUHAN dan sejarahnya bangsa dan negara RI dikhianati KOMUNIUS yang tidak ber-TUHAN selalu gagal bahkan terakhir berakibat fatal menimbulkan tragedi kemanusiaan yang mengerikan lalu tanggung jawab para provokator ini gimana ?????????????? bahkan sudah diampuni dan diajak bertobat dan hidup bersama di negara RI yang ber-PANCASILA ini kok ya masih berjuang memprovokasi dan mengembangkan faham komunis tidak ber-TUHAN waaaaaaaaaaaaaahhhhhhhhhhhhhhhhh sungguh bebal sebaiknya dilenyapkan saja agar tidak menimbulkan mala petaka kemanusiaan lagi dimasa yang akan datang. (2)p0elajaran mahal ini jangan diulangi pada masa yang akan datang, bila bebal ya jangan salahkan kaum kami yang mempertahankan negara RI yang ber-PANCASILA atau ber-TUHAN ini, tanggung akibatnya.

    Comment by bertuhan1 — August 1, 2010 @ 4:50 am | Reply

  10. blum tentu tahanan dipulau buru itu pki..dulu yg nerima jangkul aja yg diksh pki dah disebut pki..menurut saya itu terlalu berlebihan.

    Comment by han — April 9, 2011 @ 1:07 pm | Reply

  11. ada yang bisa bantu dimana mendapatkan daftar2 nama tapol yang di buang ke pulau buru, khususny dari sumatera, karna saya sedang mencari ayah saya..,

    Comment by uded — June 12, 2011 @ 3:31 pm | Reply

  12. catatan bersejarah yang sangat kukagumi :)

    Comment by Asriful Fauzi — October 31, 2011 @ 3:40 am | Reply

  13. kenapa pulau buru dihapuskan sebagai tempat tahanan tapol PKI? sayang sekali.
    bisa2 faham ini dibiarkan berkembang lagi…..mungkin lebih baik para penggagas nya hilang ditelan bumi.

    Comment by fuckcom — November 6, 2011 @ 12:32 pm | Reply

  14. betuul….! mudah-mudahan para penggagas bahwa pula buru sebagai pulau tapol segera hilang ditelan bumi…amiien!

    Comment by kapalan — January 10, 2012 @ 4:20 pm | Reply


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

The Rubric Theme Blog at WordPress.com.

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: