Cerita Indonesia

January 17, 2008

Pembantaian yang tak tercatat

Filed under: PRAHARA PKI — Iman Brotoseno @ 4:12 pm
Tags:

pembantaian-pki.jpg

Salah satu tragedi pembantaian massal terhadap mereka yang dianggap terlibat dalam Partai Komunis Indonesia dan onderbouwnya. Kiri atas, salah satu potongan kepala pemimpin lokal PKI diantara senjata dan mesiu yang disita. Kanan atas, sekelompok anggota PKI yang digiring ke sebuah lapangan untuk di eksekusi di daerah Surakarta – Jawa Tengah.

About these ads

118 Comments »

  1. untung fotonya merem

    Comment by de — January 26, 2008 @ 7:33 am | Reply

  2. hidoep rakjat!

    Comment by sluman slumun slamet — January 26, 2008 @ 8:58 pm | Reply

  3. **vomit**

    Comment by dg1978 — March 14, 2008 @ 12:56 am | Reply

  4. wah kurang serem

    Comment by arie — September 27, 2008 @ 9:25 am | Reply

    • betul harusnya dicincang

      Comment by wong pinter — June 1, 2011 @ 4:23 am | Reply

  5. Indonesia nggak bisa diajak maju, masih kayak zaman Jahiliyah. Persis sama sebelum Muhammad membawa pesan ke dunia.

    Comment by kiky — October 17, 2008 @ 5:02 pm | Reply

  6. wong gk salah kok dipateni seng salah seng mateni seng dipateni masuk surga

    Comment by budi — November 8, 2008 @ 6:11 am | Reply

    • karena koen sing salah berarti koen gak masuk surga wkwkwkw

      Comment by wong pinter — June 1, 2011 @ 4:24 am | Reply

  7. kurang lebih 700.000-1.000.000 rakyat yang merupakan simpatisan pki atau yang di tuduh pki di eksekusi tanpa sebuah proses pengadilan. sejarah kelam bangsa INDONESIA yang sampai kini masih terus di tutup2pi. mereka yang mempunyai darah pki sampai 7 turunan hidupnya akan terus di buat sengsara oleh orde baru. AKU BENCI SOEHARTO!!!!!!!! SAMPAI DIA DI LIANG LAHATPUN AKU SEBAGAI BANGSA INDONESIA TAK AKAN PERNAH MENGAMPUNI SEMUA DOSA2NYA!!!!! TERKUTUK KALIAN KELUARGA2 CENDANA!!!!!!!!!!!! CUIH….!!!! LAKNAT!!!!!!!!!!

    Comment by vandals — November 16, 2008 @ 4:05 pm | Reply

    • SOEHARTO MENJAWAB: TERKUTUK JUGA KAU!!!!!!

      Comment by wong pinter — June 1, 2011 @ 4:26 am | Reply

      • Soeharto wis matek….pak yuuuuuuuuuuuuuu !!!!!!!!!!!!!!!!!

        Comment by nono — November 15, 2012 @ 6:00 am

    • sampeyan lahir tahun berapa??kalo kakek/Bapak atau semua moyang sampeyan itu asalnya dari MAdiun unpatan sampayan itu gak akan seperti ini..
      PKI itu kejem mas…Adiknya nenek saya dipenggal di depan mesjid Pondok Pesantren…klo sudah gitu apa perlu pengadilan buat menggal kepala orang di atas itu..just info yang punya kepala itu namanya SIPONG dia algojo PKI. Dia ditangkep di Magetan di rumah istrinya yang ke 12. SIPONG ini kebal senjata, orang yang menghilangkan ilmu kebal nya Lettu Muhammad Yusuf…jadi jangan sok tau n sok reformis mas….

      Comment by titan bayonetta — April 5, 2014 @ 6:25 am | Reply

    • kita itu harus bersyukur masih memiliki orang yang mau memimpin negara…
      la wong kita punya presiden aja negara bubrah…. apalagi kalo gak punya,,,?? makin ambrul aduull to..??
      maka dari itu hargai pemimpin kita….

      Comment by siblugs — June 17, 2014 @ 3:38 am | Reply

  8. Iya ya…untung pas MEREM coba klo gi MELEK…….
    HIhihii…………….SEYEM…

    Comment by syamsul anwar — November 24, 2008 @ 10:43 pm | Reply

  9. yang bunuhin orang PKI emang ga tau cara berpolitik ya itu HARTO orang gatu tau malu, presiden paling bloon se jagat, terkorup, abis pendidikannya aja cuma SD kls 3 gmana bisa mimpin negara.

    Comment by muntako — December 5, 2008 @ 2:33 am | Reply

    • knp gak di jaman suharto anda ungkapkan uneg2 loe, takut… yaaaa..he..he

      Comment by ryan — April 25, 2012 @ 8:21 pm | Reply

  10. ASTAGA……..nktin ya….emang pants d gtuin…tp.ngmong2 kpala, d jdiin pe2s enk tu…hwakakakakakakakaka

    Comment by FIERDA — December 6, 2008 @ 1:04 am | Reply

    • Masih mending, kamu aja gak lulus TK wkwkwkwk

      Comment by wong pinter — June 1, 2011 @ 4:32 am | Reply

  11. orang pki pantese yo digituin…biar kapok,terutama pimpinan pki nya.tapi kalo rakyat yg gak tau apa-apa karena dibodohi pki ya jangan sampai terulang lagi eksekusi masl.kan indonesia negara hukum

    Comment by antipki — February 24, 2009 @ 2:51 pm | Reply

    • betul..betul…betul…

      Comment by wong pinter — June 1, 2011 @ 4:34 am | Reply

  12. aku setuju PKI di hancurkan,emang sih anak dan turunannya ga’ salah tapi hati-hati karena suatu faham sangat sulit untuk di berantas. aku sebagai anak bangsa indonesia sangat menghargai apa yang telah di lakukan oleh pak harto, semoga beliau di ampuni dosa-dosanya.

    Comment by yusuf — March 16, 2009 @ 4:48 am | Reply

    • mas YUSUF(12) ini orang KAPITALIS ya?
      dengan pemahaman “sopo siro, sopo ensun” (siapa aku, siapa kamu ga ada urusan)
      koq ngakunya anak bangsat (maaf bangsa maksudku)INDONESIA, baca tuh PANCASILA

      Comment by Miftaqul Huda — June 2, 2010 @ 4:33 pm | Reply

      • sesama anak bangsat dilarang saling menghujat

        Comment by wong pinter — June 1, 2011 @ 4:34 am

  13. pernyataan sarwo edhie kisaran 3 juta rakjat jang di bantai

    Comment by stherlambang — June 24, 2009 @ 8:13 am | Reply

  14. ngentot lo semua tai !!!!!!!!!!

    Comment by qq — July 9, 2009 @ 6:11 am | Reply

    • huss..ngawuurr..tenang coy

      Comment by sandy — April 21, 2012 @ 5:38 pm | Reply

  15. Bagi kita semua mari bersama2 belajar lebih jauh tentang kejadian ini, saya pikir semua paham sama aja, baik Komunis/sosialis, Kapitalis, agamis, jika kita telusuri semua bentuk paham ideologi sama-sama menindas, hanya caranya yang berbeda, untuk no 11 dan 12 sebaiknya pahami dulu sebelum bicara, telisik situasi Indonesia pada masa itu, karena sekarang kita hanya menerima mentahnya saja.

    Comment by Wihelmus Jesz — September 18, 2009 @ 10:12 pm | Reply

  16. HAHAHAHAHA…..

    Comment by ^^ — September 29, 2009 @ 6:07 am | Reply

  17. semoga Tuhan mengampuni para anggota PKI yang telah dibunuh dengan cara tak berperikemanusiaan. Semoga Allah Yang Maha Rahim akan memberikan hukuman setimpal kepada mereka yang telah membantai orang-orang tak berdosa. Untuk no. 11 dan no. 12, sekali-kali baca dong sejarah yang benar. Jangan cuma percaya omongan Orde Baru. Payah Lo, kurang pengalaman sich!

    Comment by malaikat keadilan — October 25, 2009 @ 2:33 pm | Reply

    • aminnn

      Comment by sandy — April 21, 2012 @ 5:39 pm | Reply

  18. AKU SETUJU SAMA NO 17.

    Comment by satan — October 31, 2009 @ 2:44 pm | Reply

  19. itulah ….karena haus kekuasaan, menciptakan kekuatan kekuasaan tangan besi,itulah soeharto..yah..biarlah tuhan YME yang menghakimimya..di pengadilan tuhan tidak ada yng luput dari pemeriksaan..apalagi masalah pembantaian PKI, yakinlah…saat ini sampai kiamat dan hari akhirat…soeharto Almarhum pasti sudah dan sedang merasakan akibat perbuatannya…dari ALLAH SWT…tanpa ada kompromi..jadi kita ga usah ribut2 lagi..selamat aja buat pak harto….

    Comment by mesyal pribadi — January 7, 2010 @ 6:31 am | Reply

    • selamat juga ntar kamu masuk neraka… ati2 ya di jalan

      Comment by wong pinter — June 1, 2011 @ 4:39 am | Reply

  20. siksa kubur itu pedih pak…………………..harto….

    Comment by mesyal pribadi — January 7, 2010 @ 6:34 am | Reply

  21. oh seram…

    Comment by dedy arya — January 18, 2010 @ 9:18 am | Reply

  22. Politik memang keji, yang kuat akan menang, yang kalah jadi korban. karena yang kalah PKI ya itu yang hancur tapi kalo waktu itu PKI menang pasti lawannya yang jadi korban. Kalo PKI menang umat muslim akan jadi korban… TNI jadi korban…. Untuk kita yang hidup diera saat ini jangan pandai menyalahkan dan mencaci orang tua dulu. Ada sebab dan ada akibatnya…. Jelas…!!!

    Comment by aban — February 22, 2010 @ 4:45 am | Reply

    • Leave tanpa nama…anda berarti tidak mengerti masalah yg terjadi ..dan buta akan ideologi..atau dengan sengaja anda tidak mau tau soal ideologi jadi menganggap komunis itu bukan islam..coba anda belajar ideoloi komunis dulu dan membandingkan dengan ajaran islam .pasti anda berpendapat apa yg di serukan dalam islam tidak jauh beda apa yg di serukan dalam ideologi komunis jadi islam dan komunis itu sama-sama mulianya.tapi anehnya musuh-musuh komunis selalu menyerang dengan mengatas namakan AGAMA..renungkan itu BUNG…

      Comment by marxis — March 4, 2011 @ 2:49 am | Reply

      • setuju aban, ini dia si marxis…orang PKI baru… buat pemerintah ati2 dgn orang ini. waspadalah…

        Comment by wong pinter — June 1, 2011 @ 4:41 am

      • setahu aku komunis ilmu ALLAH,kapitalis ilmu ALLAH juga..mas, cos manusia dAN ISI nya diciptakan ALLAH..swt

        Comment by sandy — April 21, 2012 @ 5:42 pm

  23. PERHATIAN BUAT SMUA…….
    antek2 suharto masih banyak direpublik ini so kita harus lebih sigab aja baca situasi key…
    MERDEKA….!

    Comment by i2k — April 1, 2010 @ 7:40 am | Reply

  24. heeemmm…..ada kepala tanpa badan
    iiiiiiihhhhhh……syreeeeemmmmmmmmm…^_^

    Comment by aanisnandia — May 12, 2010 @ 6:21 am | Reply

  25. hidup suharto, hancurkan antek2 pki.

    Comment by arief — May 15, 2010 @ 11:50 am | Reply

    • hehe.. kasihan banget punya pola pikir gini..

      Comment by sandal jepit — October 18, 2010 @ 10:42 am | Reply

  26. Jangan terlalu Menyalahkan Bapak Soeharto,karena kondisi saat itu yang sungguh.. sungguh ruuu………ar biasa mencekamnya karena pengaruh PKI yang begitu hebat,bahkan hidup terasa tak nyaman dan tenang akibat olah para kader-kader Komunis yang memaksakan kehendaknya itu,terbukti banyak anthek-anthek PKI yang menyembunyikan Senjata alias bedhil,untuk apa itu ? yang jelas Bapak Soekarno sebagai Bapak Proklamator dan Bapak Soeharto sebagai Bapak Pembangunan,nggah usah di ungkit-ingkit lagi mari kita menatap ke masa depan yang lebih baik lagi demi kejayaan bangsa Indoneis dan anak cucu kita,yang terpenting kita sebagai bangsa Indonesia tidak mudah terprovokasi dan di adu domba dari pihak manapun,mari kita bekerja keras yang sekeras-kerasnya biar dapat uang banyak ,oke trims.

    Comment by bandono — May 18, 2010 @ 4:48 pm | Reply

    • setuju…. memang yg menghujat pak harto itu gak tau terima kasih. wong goblog semua….

      Comment by wong pinter — June 1, 2011 @ 4:22 am | Reply

      • PKI dan Soeharto beserta antek2 setianya sudah sepantasnya musnah dari bumi. Sama2 keji dan gak bermoral. Go to hell them!

        Comment by orang biasa — January 13, 2014 @ 6:12 am

  27. Suharto telah mati. Di akhirat malaikat bingung. Ditempatkan di surga atau neraka Suharto ini?. Malaikat pun pikir-pikir. “Dia sudah Haji, mosok mau di masukkan neraka”. Setelah dipikir-pikir oleh malaikat, maka Suharto dimasukkan ke Surga. Apakah yang terjadi di surga?. Timbul kehebohan. Para penghuni surga yang banyak terdiri dari jiwa-jiwa yang dahulu dibunuh Suharto tanpa adanya proses pengadilan (sehingga oleh Tuhan langsung saja dimasukkan ke surga tanpa dihisab)pun protes dengan keras. “Lebih baik aku tinggal di Neraka daripada hidup di Surga dengan Suharto”. melihat hal ini malaikatpun memindahkan Suharto ke Neraka, daripada diprotes terus oleh penghuni Surga.

    Comment by adil — May 31, 2010 @ 7:01 pm | Reply

    • hahaa,pinter jg si mas..mulai buka LOKET KARCIS pertunjukan special nonton PENGADILAN SOEHARTO VS KORBAN2nya..di akherat..== DIJAMIN SOLD OUT..peace ahhh

      Comment by sandy — April 21, 2012 @ 5:45 pm | Reply

  28. yang no 10,11,12 dan 14 memang orang-orang goblok. Hatinya sudah membatu.

    Comment by adil — May 31, 2010 @ 7:08 pm | Reply

  29. Denger-denger PKI mau muncul lagi ya ,Apa betul ini ? apa cuma Gregeten mau balas dendam ? Khususnya tokoh2nya dan anthek2-nya yang dulu belum ketangkep,Sudahlah jangan main api lagi ! kalau kita ingat peristiwa yang dulu,sebenarnya kita sebagai anak bangsa yang mempunyai rasa perikemanusiaan miris juga,tapi apa boleh buat, wong kita orang sebagai bangsa yang sudah merdeka sukanya nananggapi pengaruh asing / luar negeri(Soviet dan RRT) ya jadinya saudara2 kita yang jadi korban terus,seharusnya tidak begitu kalau kita ingin segera cepat maju,percaya saja pada diri kita sendiri kalau kita benar mau memajukan iNDONESIA tercinta ini,yang terpenting kita bekerja keras sajalah, dan tidak mudah dibodohi oleh orang orang yang tidak tahu diri itu kalau kita cepat ingin berhasil,tidak bikin pengaruh terus yang jadinya kita belum tahu semua,karena umur kita ini sebenarnya terbatas ya kita mensyukuri saja apa yang telah di capai oleh para pahalawan2 kita dulu,dan kalau kita mudah terpengaruh oleh anasir2 komunis kesempatan hidup kita akan hilang tiada arti karena partai ini sudah di larang sama Negara tercinta ini,dan pesan saya Agar para pemimpin teras PDIP baik lokal maupun Pusat untuk berhati-hati lagi karena PKI/PRD dan anasir2-nya dengar-dengar banyak yang di susupkan ke Partai Bermoncong putih itu,dan saya yang dulu juga merasa ikut membesarkan Partai itu merasa prihatin,karena apa ? Wong namanya Partai yang berpaham Nasionalis dan Perpaham Komunis itu sangat beda sekali,Kalau Partai Nasionalis Berkuasa dan menang pasti akan menghormati hak-hak Partai lainnya karena itu ciri Demokrasi,sedangkan Kalau Partai Komunis Berkuasa atau menang dapat di pastikan Partai lainnya akan di berangus atau di hilangkan, karena itu ciri Komunis (karena komunis itu sebenarnya hanyya paham sekelompok orang tanpa menghormati pendapat orang lain,yang sebenarnya orang itu mempunyai Hak azasi yang paling hakiki juga.Dari orang yang cinta Damai,thanks.

    Comment by Uceng — June 7, 2010 @ 3:09 pm | Reply

    • Soeharto sendiri sebenernya PKI wong dia tu temennya DN Aidit, cuman karena disogok CIA dan liat ada peluang jadi presiden akhirnya Soeharto mengkhianati temenm-temennya sendiri dan jadi provokator pembantaian massal rakyat Indonesia.

      Comment by Tommy Soeharto — December 17, 2010 @ 6:21 am | Reply

  30. Ah… sampai saat ini pun masing2 kita sudah seperti komunis koq…. hahahaha…

    Comment by @ngling — August 10, 2010 @ 4:00 am | Reply

  31. ga usah berkoar macem-macem lah…. mening nyadar diri aja… perlahan2 paham2 kita ini sudah menjadi komunis koq…

    Comment by @ngling — August 10, 2010 @ 4:02 am | Reply

    • Woi bangsat! Emang lo tau apa itu paham komunis?! Gua ga terima lo bilang kita semua komunis! Anjing, lo bangsat!

      Comment by orang biasa — January 13, 2014 @ 6:22 am | Reply

  32. tak ada gunanya saling menyalahkan, semuanya sudah terjadi, ambil hikmahnya, ambil indahnya (jika ada)…satukan hati, satukan rasa…kita bangun indonesia…dibawah pancasila dan sang saka

    jayalah INDONESIA

    Comment by anak wayang — August 12, 2010 @ 2:13 pm | Reply

    • siippp I LIKE THIZ

      Comment by sandy — April 21, 2012 @ 5:46 pm | Reply

  33. JASA PEMBUATAN IJAZAH

    ANDA BUTUH IJAZAH UNTUK MENCARI KERJA / MELANJUTKAN KULIAH / KENAIKAN JABATAN ?!?!
    KAMI JASA PEMBUATAN IJAZAH SIAP MEMBANTU ANDA UNTUK MEMENUHI KEBUTUHAN IJAZAH UNTUK BEKERJA ATAU MELANJUTKAN SEKOLAH / KULIAH.
    BERIKUT INI MERUPAKAN JASA YANG KAMI SEDIAKAN.

    -SMU:3.000.000
    -D3:6.000.000
    -S1:8.000.000

    * AMAN, LEGAL, TERDAFTAR DI UNIVERSITAS / KOPERTIS / DIKTI, BISA UNTUK MASUK(PNS, TNI, POLRI).

    JUGA MELAYANI PEMBUATAN SURAT SURAT PENTING SEPERTI:SIM, STNK, KTP, REKENING BANK, SURAT TANAH, AKTE KELAHIRAN.BPKB, N1, SURAT NIKAH, DLL.

    SYARAT:KTP/SIM,FOTO BERWARNA DAN HITAM PUTIH,UNIVERSITAS YANG DITUJU,IPK YANG DIMINTA(MAX 3,50),TAHUN KELULUSAN YANG DIMINTA,ALAMAT PENGIRIMAN YANG DIMINTA.KIRIM KE:arief_gagah@yahoo.com

    BERMINAT?

    HUB: 085736927001.

    (HANYA UNTUK YANG SERIUS SAJA)

    Nb:Semua manusia berhak meiliki pekerjaan dan pendidikan yang layak,entah dari kalangan atas,menengah dan bawah.Maka dari itu kami ada untuk anda yang mebutuhkan ijazah atau surat-surat penting lainnya.

    TERIMAKASIH

    Comment by JASA PEMBUATAN IJAZAH — August 16, 2010 @ 7:16 pm | Reply

    • PESEN 1 bikin tiket nonton di AKHERAT KELAS V I P mw liat pak harto vs orang2 PKI di akherat…

      Comment by sandy — April 21, 2012 @ 5:48 pm | Reply

  34. Suharto anti komunis cuman gaya dan cara memimpinnya pake cara komunis.. CKKCKCKCCK

    Comment by zzzz — September 4, 2010 @ 6:18 am | Reply

  35. kalian cuma bisa bicara,bicara tanpa dasar pengetahuan yang layak…..

    Comment by bandeng — October 4, 2010 @ 4:45 am | Reply

  36. Bagi yang belum tau apa itu PKI, jangan komentar asal-asalan.. komunis itu bukan seperti yang diceritakan a_soeharto kepada rakyat.. yang meracuni otak rakyat dengan doktrin-doktrinnya.. soehartolah yang sebenarnya tokoh yang kejam, pembantai, penghianat,yang selalu memakai topeng indahnya untuk menutupi kebusukannya…
    dari cerita sejarah yang sudah terbongkar, kebusukan soeharto sudah tercium dimana-mana.. Peristiwa yang dikenal dengan peristiwa “pembantaian satu juta manusia” sangat tragis.. yang tau akan kebenaran yang terjadi berdasar fakta sejarah pasti dapat menilai siapakah Soeharto, seorang tokoh penari topeng nusantara.. dengan topeng indahnya yang mengecoh banyak orang menutupi kekejaman yang menyayat dada.. emmmm..
    dengan berbagai dalil dia gulingkan yang menjadi penghalangnya.. sampai membunuh rakyat pun adalah jalan halal.. emmm kasihan yang menjadi yatim piatu, yang menjadi cacat, atau yang mengalami banyak siksaannya..
    tapi aku bersyukur, Bapakku selamat setelah dihukum dan dibuang ke Pulau Buru dengan tanpa alasan yang jelas selama 10 tahun lebih..

    Comment by sandal jepit — October 18, 2010 @ 10:36 am | Reply

  37. kesenjangan sosial adalah faktor utama kita dalam bermasyarakat.biang kerok dari semua itu adalah kaum kapitalis.begitu mudahnya kita di beli.padahal hati nurani kita gak boleh dijual belikan oleh ALLOH.manusia adalah makluk terhormat.kita bukan kambing yg bisa diperjual belikan.TUHAN kita aja gak pernah memperbudak kita.tp mengapa sesama manusia saling memperbudak??????semua itu karena kapitalis.aq hanyalah lulusan smp.tp pengalaman mengerikan yg telah aku alami tentang lah yg telah mengajarkan padaku betapa perih nya kehidupan di bawah kekuasaan kaum kapitalis.hidup buruh….hidup kaum tani….hidup rakyat jelata….

    Comment by pentet — October 27, 2010 @ 8:03 am | Reply

  38. Rahmat allahlah sehingga pki bisa hilang dari bumi indonesia. Allah telah berfirman, bahwa, seringkali Allah menjadikan orang atau sekelompok manusia dzalim untuk dijadikan pedangNya dalam rangka membinasakan orang atau kelompok manusia dzalim lainnya.., dan itu sungguh nyata terjadi di indonesia…..

    Comment by aryo — November 1, 2010 @ 2:49 pm | Reply

    • bener juga mass

      Comment by sandy — April 21, 2012 @ 5:49 pm | Reply

  39. komunis? partai yang jahat dan kejam. soviet, china, kamboja, indonesia, dll. kehadiran partai komunis selalu disertai ancaman dan kekejaman. pasti.

    Comment by oranggunung — November 9, 2010 @ 6:21 am | Reply

    • baca dulu yang tuntas, jangan apriori…..

      Comment by ance prasetyo — March 18, 2011 @ 7:47 pm | Reply

  40. yg membenci suharto boleh tpi ga tau malu bgt>?? kalian pernah tau ga cerita kekejaman pki bagaimna?? orang yg di masjid padahal sedang sholat di bantai juga oleh pki.. kalian bisanya nyalahin pak harto. law pak harto ga begitu gimna indonesia. apakah akan tenang. pki bukan sekecil gam yg ada di aceh pki lebih besar.. dan kuat sekarang gam pun blum bisa di atasi apalagi pki kalaw masih ada. ya kita cukup doakan sja moga arwah yg meninggal di masa itu di ampuni dosa2nya.. jangn sok tau apalagi nyalahin2. semuanya sudah garis tangan tuhan karna allah pun ta mau melihat pembunuhan yg di lakukan oleh sapa pun apalagi oleh pki. yg membantai dengan sadis.hanya demi kekuasaan. ya kalian bisa tau lah hukum di mekah bagaimna.. maling aja langsung di potong tangan nya apalagi membunuh.. ya manusia tak pernah luput dari dosa.malaikat pun pernah berbuat dosa. karna yg maha sempurna itu allah swt yg maha agung aku cinta kmu allah

    Comment by sejati — November 20, 2010 @ 10:21 am | Reply

    • otak lo udh dicuci suharto ya?? apa otak lo di pantat??
      gua yakin lo masih bocah ingusan atau pendidikan rendah …. ya ngga?

      Comment by suhartojink — November 26, 2010 @ 3:01 pm | Reply

      • ga gitu juga kali bner tau apa kata nomor 40

        Comment by puput — December 5, 2010 @ 2:12 am

    • Rendahan. Jgn membela yg salah. Krna akhrnya Allah membuka rahasia yg slma ini terkubur. Mending km kuliah dulu difakultas yg berkompeten.

      Comment by Pembela — December 30, 2011 @ 4:04 am | Reply

  41. yap…setuju sama no.40

    Comment by ikutan... — November 26, 2010 @ 6:09 am | Reply

  42. harto tolol kayak kontol mati ,jadi bangke selamanya ,.,bau busuk ,sok suci,anak cucu harto pun hidupnya mulai sengsara”””satu kata buat lo keluarga cendana;;sekarang lo bkn apa2 lagi ……(cendana kontol)untuk istri tomisuharto”ENAK GK KONTOL GW YG UDAH LO ISEP,,,,HKHKHK

    Comment by samuel — December 25, 2010 @ 5:19 pm | Reply

    • yg pro-komunis yg pro-kapitalis cukup menarik menyimak argumen nya..KECUALI no.42
      TOLOL,DUNGU,..nyaris jadi idiot..wkwkwkwwkk…kasihaann

      Comment by sandy — April 21, 2012 @ 5:28 pm | Reply

  43. komunis, agamais, sosialis, atau ‘is’ yang lain adalah manusianya. seharusnya hal tsb oerlu dipahami, isme sbg paham adalah representasi dari tujuan cita-cita politik yang tentunya secara ideal akan membawa masyarakat kpd hal sesuatu yg lebih baik, dan cara mencapainya adalah tergantung kepada manusianya (‘is’), sangat naif ketika paham diberangus dan dipersalahkan krn perbuatan manusianya

    Comment by ance prasetyo — March 18, 2011 @ 7:45 pm | Reply

  44. gara gara soeharto orang-orang gk demokratis lagi.suharto orang yang tega melihat orang-orang tak bersalah dianiaya.dia tidak pernah di penjara apalagi di hukum mati mungkin tinggal tunggu siksa kubur aja.ketahuan masalah pelanggaran berat HAM BARU BELAKANGAN INI.sekarang tinggal bagaimana masa depan indonesia sesungguhnya.tabiat suharto yang buruk ini jarang ada orang yang tahu.sesungguhnya mereka orang-orang tak bersalah yang dianggap pki ini .pertukaran 7 nyawa denga juta-an nyawa.kepentingan politik belaka ,alasan untuk membunuh orang sebanyak mungkin atas ketidak mampuan manusia mengatasinya.hanya satu kekerasan hanya satu kekejaman yaitu dilakukan oleh orang yang bernama SOEHARTO.

    Comment by anti soeharto cloeb — March 24, 2011 @ 9:43 am | Reply

    • iyah bener mas..

      Comment by sandy — April 21, 2012 @ 5:31 pm | Reply

  45. bagi saya, tidak semua kader atau simpatisan Partai Komunis Indonesia seperti orang-orang dalam Gerakan 30 September…
    Misi dan Visi partai berlambang Palu Urit itu memang lebih condong ke wong cilik….
    Yang lalu biarlah berlalu…. gak usah mikirin yang sudah terjadi…
    itulah sejarah, penuh misteri… di negara mana pun bisa terjadi hal yang seperti itu…
    Lihat sekarang dan hari esok….
    Itulah fungsi sejarah, sebagai pembelajaran kita semua…

    Comment by Ben Valentino — August 3, 2011 @ 9:04 pm | Reply

    • Yai Inilah Politik.. Ga ada yang Benar.. Juga Ga ada yg salah.. Siapa lemah yg Terlindas…
      Karna Kebenaran Hanya Milik Tuhan Semata..

      Comment by lawanx chewoe — November 19, 2011 @ 11:53 pm | Reply

  46. bangsat lu pada YG dukung PKI kafir LO munjul kami para jihadis bakal ngebantai lu lagi hai keturunan PKI anjing babi lo tk sepantas nya tingal di negara INDonesia kami Yg merdeka DG kalimatulah,dasar angota PKI binatang emang pantas dipengal bagi munafiker GK usah ikut campur loe

    Comment by mujahidin — December 26, 2011 @ 9:30 am | Reply

    • sooookkkk SEGERA..mulai aksinya..mas..biar rame,jadi liputan media..so naekin rating berita

      Comment by sandy — April 21, 2012 @ 5:35 pm | Reply

  47. apakah KMU tk tau kami para angota ponpes dibantai oleh simpatisan PKI pada eranya sebagai informan.KAmi umat muslim sunguh kecewa Dg kalian YG masih mencoba membaik2 kan PKI INGAt hai kau setan ku jamin kebangkitanmu adalah darah bagimu.

    Comment by mujahidin — December 26, 2011 @ 9:34 am | Reply

  48. fuck soeharto, hidup TAN MALAKA

    Comment by Muhhamad Ramdan — February 4, 2012 @ 4:51 am | Reply

  49. membunuh apapun alasannya tidak pernah dibenarkan.

    Comment by paul — February 14, 2012 @ 2:38 am | Reply

  50. to : mujahidin:
    klo baca komen kamu…kamu juga gak lebih dari orang2 pki tu yang suka bunuh orang. kamu ngatain orang setan, tapi kata2 mu sendiri kayak setan. kamu ngatain orang kafir tapi sebenarnya kamu yang kafir. pribadi orang tu dinilai dari perkataan dan perbuatannya…bukan dari agamanya.

    Comment by paul — February 14, 2012 @ 2:44 am | Reply

    • hehee..rameeee euyyy..

      Comment by sandy — April 21, 2012 @ 5:33 pm | Reply

  51. perlu diketeahui bahwa sosialis beragama contoh bapak TAN MALAKA pendiri dan pencetus nama I N D O N E S I A dia revolusioneris yang beragama islam yang kuat dan orang rusia mengagap dia penggerak perubahan gaya komunis baru yang ditentang MUSO PKI madiun karena muso beraliansi komunis ala marxisme & darwinisme, sedangkan Bapak Bangsa TAN MALAKA adalah orang beraliansi pada komunis ala Leninisme, vladimir lenin adalah seorang yang beragama kristen ortodok, camkan dan pahamkan tentang arti komunis, bahwa pemberontakan yang dilakukan MUso Cs adalah kudeta berdarah tanpa di restui oleh komunis internasional sejarah komunis memang menyakitkan terutama pemberontakan G 30S masih kelam dan masih diragukan sejarahnya, pada saat itu DN Aidit sedang di Makasar untuk kampaye partainya, Soeharto cs menghalalkan segala untuk melawan lawan politik dan menghabiskan orang yang tidak pro terhadapnya, contoh saat pembalakan kayu liar di Kalimantan bersama Liemsi Liong menyeludupkan kayu 1juta kayu di jual Illegal ini membuat LetJen Ahmad Yani Selaku Panglima Perang Angkatan senjata berang habis dan ingin penggamparnya dan memecat dari dinas TNI AD lalu di cegah oleh Let Jen AH Nasution selaku bahwa perwira tersebut masih bisa dibina lalu di disekolahkan di Seskoad dibogor, itulah sejarah kelam Soeharto, pernah dulu soeharto di gampar oleh Kolonel Alex Kawilarang saat pemberontakan RMS di malaku dia melaporkan kejadian itu kepada Presiden RI Soekarno dia mengagap bahwa Maluku aman dan terkendali ternyata banyak jatuh korban dari pihak TNI & Warga sipil, laporan tersebut langsung dicrosscek oleh Kol Alex Kawilarang dan menerjunkan pasukan khusus dan penyeledikan langsung ternyata laporan bohong belaka tanpa dikomando Pasukan Alex Kawilarang terjun langsung mendamprat dan menapar muka soeharto.

    Comment by setiabudi — February 18, 2012 @ 5:49 am | Reply

  52. hayang modol….

    Comment by sena — March 14, 2012 @ 9:06 am | Reply

    • modol olangan,bari nga loco

      Comment by sandy — April 21, 2012 @ 5:25 pm | Reply

  53. tah dengar kan sama kamu semua….jangan sok pintar…nih baca…ternyata ada kebenaran lain …
    dari Saudara Setiabudi….baca…..

    perlu diketeahui bahwa sosialis beragama contoh bapak TAN MALAKA pendiri dan pencetus nama I N D O N E S I A dia revolusioneris yang beragama islam yang kuat dan orang rusia mengagap dia penggerak perubahan gaya komunis baru yang ditentang MUSO PKI madiun karena muso beraliansi komunis ala marxisme & darwinisme, sedangkan Bapak Bangsa TAN MALAKA adalah orang beraliansi pada komunis ala Leninisme, vladimir lenin adalah seorang yang beragama kristen ortodok, camkan dan pahamkan tentang arti komunis, bahwa pemberontakan yang dilakukan MUso Cs adalah kudeta berdarah tanpa di restui oleh komunis internasional sejarah komunis memang menyakitkan terutama pemberontakan G 30S masih kelam dan masih diragukan sejarahnya, pada saat itu DN Aidit sedang di Makasar untuk kampaye partainya, Soeharto cs menghalalkan segala untuk melawan lawan politik dan menghabiskan orang yang tidak pro terhadapnya, contoh saat pembalakan kayu liar di Kalimantan bersama Liemsi Liong menyeludupkan kayu 1juta kayu di jual Illegal ini membuat LetJen Ahmad Yani Selaku Panglima Perang Angkatan senjata berang habis dan ingin penggamparnya dan memecat dari dinas TNI AD lalu di cegah oleh Let Jen AH Nasution selaku bahwa perwira tersebut masih bisa dibina lalu di disekolahkan di Seskoad dibogor, itulah sejarah kelam Soeharto, pernah dulu soeharto di gampar oleh Kolonel Alex Kawilarang saat pemberontakan RMS di malaku dia melaporkan kejadian itu kepada Presiden RI Soekarno dia mengagap bahwa Maluku aman dan terkendali ternyata banyak jatuh korban dari pihak TNI & Warga sipil, laporan tersebut langsung dicrosscek oleh Kol Alex Kawilarang dan menerjunkan pasukan khusus dan penyeledikan langsung ternyata laporan bohong belaka tanpa dikomando Pasukan Alex Kawilarang terjun langsung mendamprat dan menapar muka soeharto.

    Comment by sena — March 14, 2012 @ 9:10 am | Reply

  54. apaan sih,lebay nih ah..komunis vs kapitalis seperti ANJING vs BABI..gitu aja deh :D

    Comment by adrianus — April 21, 2012 @ 1:19 am | Reply

  55. woy, emang lu yang komen yg berpendidikan dikit ya ? apa lagi yg bilang klo komunis sama kayak islam tu tolol n goblok abis orangnya, lo ud baca komunis? baca lg yg bener TOLOL!!!!
    Islam tu beda ama komunis, agama gue ini gak keji, punya Tuhan yaitu Allah, gak kayak orang komunis !!! lu orang tolol yg mau percaya ama komunis n kapitalis . .
    Pedoman gue cuman satu ! Al-Qur’an ! dan klo lo islam, lo baca tu alquran dan lo bakal tau klo kapitalis and komunis itu busuk.
    gue setuju sama no 54

    Comment by agan — May 27, 2012 @ 8:32 am | Reply

    • emang lo bisa ngerti arti tiap tiap ayat Al-Qur’an..??? hebat bener bahasa arab lo..,,,
      kalo bisa ane diajarin donk boz…,,,,
      nerjemahin kata yaasiin aja para ahli kesulitan, koq ente bisa…???? hebat hebat..
      o ya kalo orang orang agama lo gak keji, lo searching deh berapa eks PKI yang dibunuh umat islam pada 1965..,,, ( agama emang gak keji, ideologi juga gak keji, yang keji orang orangnya,,)

      oya, dibidang sejarah lo udah baca buku apa aja..??? trus dibidang agama dan filsafah serta ideologi udah pernah baca belum…????

      ditunggu sharingnya

      anangke2@gmail.com

      Comment by anangke2 — August 23, 2012 @ 4:28 pm | Reply

  56. kelebihan suharto dalam hal kebaikan bagi bangsa ini lebih besar dari pada kekurangan nya, salahsatu nya pemberantasan PKI, PKI tuh perusak moral, orang beragama aja bisa rusak moral nya apalagi ga beragama … … … kami siap penggal kepala2 orang PKI jika muncul lagi di negri tercinta ini,

    Comment by asad — May 27, 2012 @ 8:40 am | Reply

  57. Ada yg pro Soeharto
    Ada yg membela PKI

    Sedang saya tak tau apa-apa…?

    Comment by Shofiyyullah — July 2, 2012 @ 10:26 am | Reply

  58. SEMOGA EKSEKUTOR TIDAK SALAH TEMBAK ORANG… YANG TIDAK BERDOSA ATAU TIDAK TERKAIT MALAH KENA DOR……. MATI DEH….

    Comment by Sinung Wiloso — July 20, 2012 @ 3:21 am | Reply

  59. 56…algojo….ckckckck..

    Comment by sedarsedjarah — August 1, 2012 @ 3:50 pm | Reply

  60. exspecialy for asad
    sudah sudah..,,, yang menganggap dirinya beragama terutama islam..,, nabimu tidak pernah mengajarkan saling hina, apalagi saling bunuh., tawanan perang nabi saja dilepaskan oleh beliau, apalagi masyarakat biasa.,,
    “love is ny religion” itulah agama para komunis.,agama kasih sayang, bukan kah islam juga agama kasih sayang…???? atau mungkin lo gak ngerti tentang islam, alias ngaku ngaku doank..???
    mending loe loe pada jangan ngaku ngaku islam dulu lah, sebelum ngerti tentang islam., shalat aja gag pernah,ngaji dan hafal alquran doang gag ada artinya kalo lo gagk tau arti dan maknanya.,
    lo tau nggak komunis tu punya peran penting dalam pembebasan, sama seperti islam,
    kalo sejarah pembebasan islam ada di asia, komunis ada dieropa.,
    oya lebih busuk lagi lo yang suka ngaku ngaku n gak punya pendirian,,,
    para pki seperti para pemimpin di perang bubat (majapahit) yang bagi mereka “lebih baik mati dari pada hidup terhina atau menggadaikan ideologi”..,,,

    bahkan ketikapun rasulullah masih hidup, mungkin beliau akan menangis sejadi jadinya karena melihat pembantaian yang dilakukan umat islam…,,

    lihat potongan artikel dibawah ini………………………………………………..!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    Mengenai pembantaian terhadap massa anggota dan simpatisan PKI ini, menurut
    Manai Sophiaan (Manai Sophiaan: “Kehormatan Bagi yang Berhak”, 1994, hal 311)
    korban penumpasan sangat besar. Abdurrahman Wahid, Ketua PBNU ketika
    diwawancarai oleh “Editor”, mengaku bahwa orang Islam membantai 500.000 eks PKI.
    Tentu masih ada lagi yang dibunuh oleh orang-orang yang tidak masuk orang Islam.
    Maka angka 1 juta, seperti yang diumumkan oleh Amnesti Internasional, bisa
    dimengerti.

    jika aku islam maka aku akan berkata “na’udzubillah himindzalik”

    anangke2@gmail.com

    Comment by anangke2 — August 23, 2012 @ 4:18 pm | Reply

  61. aduuu yg diomongin opo ae tooo wong wong iki ,,, westalah doakan aja agar harga nasi pecel kembali ke harga Rp.50,- lagi ,…. gak kayak skr harganya 100x lipat….

    Comment by wong cilik — September 11, 2012 @ 10:33 am | Reply

    • BETUL TUH…. 61 ,,,,, gak ada gunanya kita saling menghujat….. … udah waktunya kita sadar…..

      Comment by alle — September 14, 2012 @ 11:32 am | Reply

  62. WES…WES…PODO AKUR, SAIKI WES AZAN, OYO PODO SHOLAT… NENUWONG KARO GUSTI ALLOH SEMOGA AMAL IBADAH KITA DITERIMA DISISI NYA..AMIN….

    Comment by kawulo alit — September 28, 2012 @ 8:04 am | Reply

  63. Bukan untuk tidak mau tau urusan terdahulu dan bukan untuk melupakan apa yang telah terjadi di bangsa ini.
    Mari bersama sama menciptakan lingkungan yang kundusif dan terus bersatu. Saling menghargai sesama.
    Mendidik penerus bangsa, untuk mencapai RI yang lebih baik

    Comment by Eboy — October 1, 2012 @ 2:55 am | Reply

  64. ” bila kita lihat, bhwa pki dalm negara ini dianggap sbg aliran kiri, maka dri itu prlu ditumpas..

    Q dukung pak soeharto, dan hormati pak soekarno sbg proklamator bangsa..

    Comment by arganest embrio — October 1, 2012 @ 5:46 pm | Reply

    • Woi bangsat antek2 suharto jg harus mati!

      Comment by orang biasa — January 13, 2014 @ 6:38 am | Reply

  65. koment ma foto sereman koment2ny….Hiiiiiiiii……..

    Comment by bLake — November 12, 2012 @ 9:16 am | Reply

  66. horeeeeeee….soeharto wis matek…!!!!!!!!!!!!
    hidupp pemimpin killer………!!!!

    Comment by nono — November 15, 2012 @ 6:02 am | Reply

  67. 1.perebutan pengaruh pada era
    perang dingin (USA dan Sekutu = blok
    barat Vs Sovyet dan sekutu = Blok
    Timur) memunculkan teori domino..
    perebutan kekuasaan, perebutan
    pengaruh, dan perebutan sekutu dari
    segala penjuru dunia terutama
    indonesia..
    2.awalnya indonesia dipandang lebih
    condong ke blok barat (USA) namun
    selang 3 bulan kemudian soekarno
    (seorang nasionalis sejati) dipandang
    membelot ke timur (Sovyet) setelah
    mengunjungi china dan Sovyet.
    3.USA menganggap keberpihakan
    soekarno menjadi sangat tidak jelas
    ketika soekarno memutuskan
    menarik Indonesia dari PBB
    kemudian juga masuk ke Gerakan
    Non Blok sebagai wujud protes
    terhadap banyaknya kepentingan
    USA di indonesia waktu itu.
    4. dalam kepemimpinannya soekarno
    mengandalkan kekuatan massa dari
    PKI yang pada masanya adalah
    partai komunis terbesar ke-3 setelah
    Sovyet dan china, sebagai gantinya
    Soekarno melindungi PKI sehingga
    PKI semakin besar dan kuat.
    5. USA memandang bahwa Indonesia
    tak khan berpihak kepada USA jika
    Soekarno tidak dilengserkan.
    6. USA memandang bahwa Soekarno
    hanya bisa dilengserkan jika
    kekuatan PKI bisa dilemahkan
    bahkan dihapuskan.
    7. USA memulai propaganda anti
    komunisme.
    8. USA memanfaatkan angkatan
    darat (Mayjend Soeharto) untuk
    merancang perebutan kekuasaan
    dari tangan Soekarno dgn jalan
    menyudutkan PKI.
    9. Mayjend Soeharto merancang
    Gerakan 30 September (penculikan
    dan pembunuhan 7 jendral) dan
    kemudian menuduh PKI sebagai
    pelakunya
    10. Mayjend Soeharto menuduh
    Gerakan 30 september adalah
    langkah PKI untuk mengkudeta
    Soekarno.
    11. Propaganda negatif tentang PKI
    semakin brutal dengan pembantaian
    massal petinggi, anggota dan
    keluarga PKI.
    12. Pembantaian massal dilakukan
    oleh militer dan milisi sipil yang
    dipersenjatai.
    13. Jumlah korban pembantaian
    antara 2 – 3 juta unsur PKI ataupun
    yang dituduh berhubungan dengan
    PKI.
    14. Setelah kekuatan PKI musnah,
    Mayjend Soeharto memaksa
    Soekarno meletakkan jabatannya.
    Kini, Terjawab sudah misteri
    peralihan kekuasaan dari ORDE LAMA
    (Soekarno bersama PKI) ke tangan
    REZIM ORDE BARU (Mayjend Soeharto
    bersama USA)

    Comment by Kambing hitam — December 25, 2012 @ 1:58 am | Reply

  68. Jual ikan arwana silver hub sy di nmr 08389588554

    Comment by Aro wana — January 14, 2013 @ 5:51 pm | Reply

  69. sebenernyah PKI ituh apah? komunis ituh apah?! mumpung kitah smuah skrg hidup di jaman keterbukaan dgn dukungan mediak2 teknologik hebat spertik internet..jd gunakan secarak bijak bkn hnyak sekedar chatting, fb-an, tweeter-an, dll yg jauh darik sifat pembelajaran..! setelah ituh cobak download dan tonton film ‘shadow play’ sampek abis…setelah ituh silahkan berkomentar lg…
    biasakan dirik kitah menjadik manusiak yg cerdas dan kritis bkn sbg manusiak bodoh yg bisak dijadikan doktrinitas2 sesat penguasak!
    silahkan download link nyah di bwh inih:

    Comment by begajul awanicov — January 21, 2013 @ 8:35 pm | Reply

  70. dan turut berdukak citak utk para anggotak PKI besertak sluruh keluargak, kerabat, maupun org2 yg prnh hidup dan dekat dgn PKI yg telah menjadik korban kekejaman darik sebuah rezim dajjal di negerik inih..

    Comment by begajul awanicov — January 21, 2013 @ 8:40 pm | Reply

  71. kesimpulan: yang bela harto itu wong goblok, orang jahat ko dibela. malu aku jadi orang Indonesia, pernah memiliki pemimpin yang kejahatannya melampaui Namruz dan Firaun kaya HM Soeharto. thn 1965, sebagian bangsa Indonesia yang masih bodoh tidak mengenal presidennya sendiri dg baik. dibalik wajahnya yang seolah ramah, dia adalah sosok pembunuh berdarah dingin.

    Comment by morteza — February 7, 2013 @ 5:25 am | Reply

  72. Soeharto itu seorang penjahat nasional. bacalah kembali sejarah Indonesia agar tidak menjadi orang dungu.. yang hari gini bela Soeharto kasian banget deh lu. yang bikin aku heran membunuh orang PKI yang belum tentu bersalah ko dibolehkan. semoga mereka yang terbunuh pasca G30S diberi tempat yang layak oleh Allah. saya bukan PKI, malah pernah membenci PKI di zaman Harto, tapi masih punya hati nurani dan rasa kemanusiaan

    Comment by ananda — February 7, 2013 @ 5:34 am | Reply

  73. kita semua tahu, jaman orba adalah jaman pembodohan. Kita harus bersyukur tidak terjadi perang saudara seperti yang terjadi di suriah. Jalani yang sekarang..kita sama2 bangun Indonesia tercinta.

    Comment by andi boy — April 26, 2013 @ 1:43 pm | Reply

  74. semua sudah berlalu..itu yang namanya sejarah…kita tinggal menikmati hasil para pejuang yang telah gugur dalam mempertahankan NKRI,,,dan melanjutkan perjuangan mereka….pki memeng sangat membahayakan seandainya pki tetap subur di negeri ini mungkin kita yang beragama islam sudah bisa merasakan indahnya dunia bisa jadi orang tua kita sudah dihabisisi oleh orang pki..lihat sejarah vietnam…komboja.. yang menguasai orang-orang khmer merah dan pol pot…umat Islam dan non Islam di bantai oleh mereka.ribuan nyawa umat Islam non Islam.melayang sia-sia…..coba baca sejarah pki madiun..para ulama-ulama dan umat Islam dibantai tanpa alasan…

    Comment by nurisha — December 7, 2013 @ 8:12 am | Reply

    • Jangan pd lebbay semuanya……….
      Yang masih pengen hidup damai dinegri ini ayo bahu membahu meneruskan pembangunan.menikmati kedamaian dan tetap cool…..!!!ndak usah mencela,memaki,menyesali apa yg sdh terjadi dan lain sebagainya.lupakan semua kisah hitam yg dulu dan mari sama2 melangkah kedepan yang terang tanpa harus pake senter lagi,tanpa harus pakai obor lagi….

      NB:yang malu hidup di negri ini silahkan cari negri yang lain.!

      Comment by indonesian people — January 7, 2014 @ 12:30 pm | Reply

  75. Taek Kabeh,Gak pimpinan gak rakyat e gobloookkkk, untung aq wong suriname

    Comment by samirin — January 17, 2014 @ 7:48 am | Reply

  76. memang dalam agama islam yang namanya ideologi komunis(gak percaya tuhan) itu haram. tapi dalam kasus tersebut kita mestinya tidak boleh menghakimi seseorang tanpa keadilan. memang orang pki punya salah apa koq dibunuh? wong islam tidak mengajarkan kita untuk menjadi pembunuh.. :)
    yang aku benci dari pak harto hanya satu. ketika dia sengaja ingin mematikan sejarah dari soekarno dengan cara penahanan di rumah pengasingan dan membunuh nasionalis dan demokrasi bangsa indonesia sehingga terciptnya KKN.

    Comment by wong netral — January 18, 2014 @ 7:42 am | Reply

  77. ckckckck mana yang bener

    Comment by vendetta — March 1, 2014 @ 3:17 am | Reply

  78. kini ketahuan yang bela” pki dia keturunannya. ta gembosi sampeyan!

    Comment by proba — April 5, 2014 @ 11:48 am | Reply


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

The Rubric Theme. Create a free website or blog at WordPress.com.

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: